Lezatnya Sidat, Sehatnya Sidat

Ikan Sidat adalah ikan yang sangat mirip dengan ikan belut. Ikan sidat sering disebut sebagai belut bertelinga. Ikan ini termasuk ikan yang amat disukai oleh masyarakat jepang karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi yang mengkonsumsinya.

Secara nasional perkembangan budidaya ikan sidat hanya terdapat di beberapa provinsi saja. Berdasarkan data statistik perikanan budidaya hanya daerah pulau jawa saja yang mengembangkan budidaya ikan sidat. Itu pun tidak semua provinsi. Data terakhir menunjukkan Jawa Timur sebagai penghasil ikan sidat terbesar di Indonesia. Melihat potensi yang sangat besar seharusnya budidaya sidat dapat berkembang dengan baik. Apalagi beberapa Negara seperti Jepang, Hongkong, Belanda, Jerman, Italia dan beberapa negara lain sangat menyukai ikan belut bertelinga ini. Harganya di pasaran dapat mencapai sebesar Rp. 100.000 – Rp. 300.000.

Sidat merupakan ikan yang tinggal di dasar perairan. Jenis-jenis ikan tersebut menyebar di daerah-daerah yang berbatasan dengan laut dalam. Di perairan daratan (inland water) ikan sidat hidup di perairan estuaria (laguna) dan perairan tawar (sungai, rawa dan danau) dataran rendah hingga dataran tinggi. Jenis ikan sidat yang terdapat di perairan Indonesia paling sedikit memiliki enam jenis ikan sidat yakni: Anguilla mormorata, Anguilla celebensis, Anguilla ancentralis, Anguilla borneensis, Anguilla bicolor bicolor dan Anguilla bicolor pacifica. Ikan sidat banyak ditemukan di daerah-daerah yang berbatasan dengan laut dalam seperti pantai selatan Pulau Jawa, pantai barat Sumatera, pantai timur Kalimantan, pantai Sulawesi, pantai kepulauan Maluku dan Irian Barat.

Panjang tubuh ikan sidat bervariasi tergantung jenisnya yaitu antara 50-125 cm. Bentuk tubuh yang memanjang seperti ular memudahkan bagi sidat untuk berenang diantara celah-celah sempit dan lubang di dasar perairan. Ketiga siripnya yang meliputi sirip punggung, sirip dubur dan sirip ekor menyatu. Terdapat sisik sangat kecil yang terletak di bawah kulit pada sisi lateral. Perbedaan diantara jenis ikan sidat dapat dilihat antara lain dari perbandingan antara panjang preanal (sebelum sirip dubur) dan predorsal (sebelum sirip punggung), struktur gigi pada rahang atas, bentuk kepala dan jumlah tulang belakang.

Ikan sidat (Anguilla sp) termasuk ikan asli Indonesia yang memiliki banyak kandungan dan manfaat yang berguna bagi tubuh, diantaranya, (kaskus.co.id) yaitu :

1. Mengandung Vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh
Sidat mengandung beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yakni vitamin B1, B2 dan A. Vitamin B1 yang terdapat di dalam ikan sidat 25 kali dari vitamin B1 yang terdapat pada susu sapi. Sedangkan vitamin B2 memiliki kandungan sebanyak 5 kali dari vitamin B2 yang terdapat pada susu sapi dan vitamin A yang terdapat pada ikan sidat sebanyak 45 kali dari vitamin A yang terdapat pada susu sapi.

2. Mengandung kandungan gizi yang sangat penting.
Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada ikan sidat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh yaitu Zinc, DHA, EPA dan Omega 3. Zinc dipercaya merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Zinc berperan dalam respon imun, fungsi otak, dan kemampuan reproduksi. Kandungan zinc yang terdapat pada sidat sebanyak 9 kali lipat dari kandungan pada susu sapi. DHA adalah zat penting yang sangat dibutuhkan sebagai komponen utama pembentuk otak dan retina mata manusia. selain berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi membran sel otak dan fungsi retina mata, juga sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme sel-sel saraf otak. DHA yang terdapat pada ikan sidat sebanyak 1.337 mg/100 gr mengalahkan Ikan Salmon yang hanya 820 mg/100gr. Ikan Sidat mengandung EPA (Eicosapentaenoic acid) sebesar 742 mg/100 gr, sementara Ikan Salmon hanya 492 mg/100 gr. Ikan Sidat memiliki kandungan asam lemak Omega 3 tinggi, yakni sekitar 10,9 gr/ 100 gr, Sehingga mampu meningkatkan fungsi memori & konsentrasi manusia.

3. Mengonsumsi Ikan Sidat dapat mengatur imunitas tubuh manusia, sebagai antioksidan, menghilangkan racun tubuh serta memperlambat penuaan

4. Mengonsumsi Ikan Sidat secara teratur dapat mendorong terbentuknya lemak fosfat & perkembangan otak besar, bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat juga memperbaiki sirkulasi kapiler, mempertahankan tekanan darah normal

5. Disebut sebagai ginseng air, fungsinya dalam memperpanjang umur & melawan kelemahan & penuaan

6. Di Jepang Ikan Sidat menjadi makanan favorit karena rasanya enak juga dipercaya mempu membangkitkan vitalitas.

Sumber : http://www.djpb.kkp.go.id/berita.php?id=70

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here