Underwater Restocking, Peningkatan Populasi Ikan dan Destinasi Wisata Diving

0
514

SSC SURABAYA – Salah satu inovasi kreatif dinas perikanan dan kelautan prov jatim dalam meningkatkan jumlah tangkapan ikan dipaparkan oleh Kadiskanla Prov. Jatim Dr. Heru Tjahjono di Jatim Expo Surabaya pada 1 april 2016 kemaren.

Underwater Restocking Underwater Restocking merupakan penebaran benih ikan ke dalam rumah ikan yang ditenggelamkan ke dasar laut tiga bulan sebelumnya, sehingga benih ikan bisa berkembang biak dan besar dalam rumah ikan yang telah dipenuhi lumut atau tritip dan plankton sebagai sumber makanan benih ikan.

Gagasan inovasi ini merupakan yang pertama kalinya di dunia karena dianggap efektif meningkatkan sumber daya ikan yang terus menurun akhir-akhir ini. Saat ini sumber daya ikan mengalami over fishing dan over exploited yang dibuktikan dengan volume produksi perikanan yang menurun semnjak tahun 2009.

Berdasarkan hasil monitoring hasil tangkapan ikan berukuran lebih besar dan berjenis ekonomi tinggi dari pada sebelumnya. Meningkatnya populasi, tersedianya stock ikan dan pelestarian sumberdaya ikan di laut teritorial dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah laut teritorial di Jawa Timur.

Semenjak dilakukan inovasi underwater restocking banyak sekali ditemui jenis-jenis ikan yang berbeda dari yang pernah dilihat. Keberagaman ikan tersebut bahkan menjadikan destinasi wisata baru yaitu diving atau menyelam yang saat ini banyak diminati wisatawan dalam dan luar negeri. Para turis tidak hanya sekedar menyelam tetapi juga diberi kesempatan untuk ikut serta dalam penebaran benih ikan didasar laut. Tidak hanya menjaga keberlanjutan sumber daya laut, inovasi tersebut juga dapat menjadi destinasi yang memberikan antusias tersendiri.

Selain berprofesi sebagai penangkap ikan, para nelayan juga dapat merangkap menjadi pemandu wisata untuk penghasilan tambahan. Kelompok-kelompok nelayan itu, dari Dinas Perikanan dan Kelautan mendapatkan bantuan hibah seperti pakaian selam untuk melepas benih. Tahun 2016, program tersebut semakin ditingkatkan lagi di wilayah perairan Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo dan Malang.(SC_2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here