Gebyar Hari Ikan Nasional (HARKANAS)

0
839

Peringatan Hari Ikan Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2016 merupakan Keputusan Presiden Republik No. 3 Tahun 2014. Perayaan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Selain itu, penetapan Hari Perikanan Nasional juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.

Kegiatan HARKANAS dibuka oleh Ibu Hj. Nina Sukarwo
Kegiatan HARKANAS dibuka oleh Ibu Hj. Nina Sukarwo

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperkenalkan ikan sebagai salah satu bahan pangan serta mengajak masyarakat mulai mengonsumsi ikan yang menjadi salah satu sumber protein penting, Kementrian Kesehatan dan Kementrian kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia menggalang sebuah Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN) dan Peringatan Hari Ikan Nasional Nasional (HARKANAS). Lewat pengenalan ini, Pemerintah Indonesia mengeluarkan penjelasan mengenai pentingnya makan ikan serta identifikasi ikan yang layak dikonsumsi.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur merespon hal ini dengan menyelenggarakan kegiatan Gebyar Hari IKan Nasional. Berikut rangkaian kegiatan Gebyar HARKANAS antara lain kegiatan Lomba Inovasi Kuliner Berbahan Baku Ikan tingkat Pelajar dan Masyarakat, Lomba Yel-Yel Gemarikan, Bazar Produk Perikanan, Kampanye GEMARIKAN dan Pembagian Cupang ke Masyarakat Umum. Kegiatan ini dihadiri oleh SKPD Perikanan dan Kelautan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Perguruan Tinggi Sekitar Surabaya dan SMA/SMK Surabaya. Kegiatan HARKANAS ini dibuka oleh Ketua FORIKAN Provinsi Jawa Timur Ibu Haja Nani Sukarwo.

Pembagian Ikan Cupang di Kota Surabaya
Pembagian Ikan Cupang di Kota Surabaya

Kegiatan Lomba Inovasi Kuliner ini terdapat 5 pemenang yang antara lain : Juara 1 dari SMK Negeri 1 Kabupaten Madiun, Juara 2 dari Kabupaten Pasuruan, Juara 3 Kabupaten Ngawi, Juara  Harapan 1 Kabupaten Jombang dan Juara Harapan 2 Akademi Gizi Kota Surabaya. Sedangkan untuk lomba yel-yel GEMARIKAN antara lain : Juara 1 SMK Alyumar Kabupaten Jombang, Juara 2 SMK 4 Kabupaten Probolinggo dan Juara 3 SMK Negeri 2 Kabupaten Jombang. Sedangkan untuk pembagian Ikan Cupang dilakukan di Sekitar Wilayah Kota Surabaya dan Sidoarjo. (bidangp2hp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here