Pantai 3 Warna

0
3300

Siapa bilang Kabupaten Malang tidak memiliki pantai yang cantik? Memang secara geografis letak Kabupaten Malang yang berada di pesisir selatan banyak yang beranggapan bahwa pantai disana berombak besar, berpasir hitam, dan berada dikawasan hutan membuat pantai di kawasan pesisir selatan kurang begitu dikenal. Tapi itu dulu, sekarang banyak bermunculan pantai-pantai baru yang berpasir putih, airnya bening dengan ombak yang tenang dan tentunya terumbu karang yang cantik salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, pantai Tiga Warna tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah saja akan tetapi juga menawarkan kegiatan konservasi dan edukasi.

Pantai 3 Warna
Pantai 3 Warna

Pantai yang termasuk dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) ini dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Gatra Olah Alam Lestari (GOAL) binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Sejak Tahun 2013 POKMASWAS Gatra Olah Alam Lestari secara intensif telah melakukan kegiatan konservasi melalui Program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) dan juga konstribusi berbagai pihak yang juga peduli dengan keselamatan sumberdaya alam di pesisir. Sampai dengan saat ini area konservasi telah mencapai luas 81 Ha dengan kegiatan antara lain pembibitan dan penanaman mangrove, pemasangan terumbu karang buatan, transplantasi terumbu karang, pendidikan pada generasi usia dini (murid sekolah) melalui kegiatan marine education tentang keselamatan ekosistem, penetasan telur penyu dan transplantasi terumbu karang.

Menyusuri mangrove
Menyusuri mangrove

Rumah apung
Rumah apung

Dengan jarak 72 km dari pusat Kota Malang, pantai Tiga Warna dapat ditempuh kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan. Setelah di Lokasi (Sekretariat CMC) ada dua pilihan untuk mencapai Pantai Tiga Warna, yaitu melalui sektor Timur atau sektor Barat, akses tercepat melalui sektor Timur karena menggunakan perahu (sarana perahu transportasi sedang dalam persiapan akhir), sedangkan sektor Barat pengunjung harus berjalan kaki melaui pos utama kemudian menyusuri hutan mangrove dan melewati beberapa pantai antara lain pantai Clungup, pantai Gatra dan pantai Mini, Pantai Savana dan Pantai Batu Pecah.

Ayunan di pantai 3 Warna
Ayunan di pantai 3 Warna

Kawasan pantai Tiga Warna merupakan Marine Protected Area (MPA), selain pengunjung yang dibatasi hanya 100 orang perhari, setiap pengunjung yang akan masuk ke pantai Tiga Warna harus diperiksa terlebih dahulu barang bawaanya, tidak boleh membuang sampah sembarangan. Setiap  makanan yang dibawa masuk oleh pengunjung harus dibawa kembali bungkusnya pada saat mereka keluar dari kawasan pantai Tiga Warna, dan apabila melanggar maka siap-siap dikenakan denda oleh pihak pengelola.

Petugas membersihkan sampah yang ada di pantai
Petugas membersihkan sampah yang ada di pantai

Selain berenang, snorkeling, dan diving aktifitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung di pantai Tiga Warna yaitu menyusuri mangrove dengan perahu, bermain kano, mengunjungi rumah apung atau melakukan kegiatan konservasi seperti menanam bibit mangrove, melepas anak penyu dan pemasangan terumbu karang buatan. Selain itu terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola baik untuk perorangan maupun kelompok tentunya dengan harga yang bersahabat. Jadi tunggu apalagi, ayo berwisata dan melakukan konservasi ke pantai Tiga Warna!

CATATAN :

  1. Untuk Menikmati Pantai Tiga Warna, anda harus pesan tempat/reservasi dulu mengingat kuota pengunjung hanya 100 orang perhari, sedangkan Pantai Gatra, Pantai Clungup dll. Bisa langsung datang ke lokasi.
  2. Setiap HARI KAMIS, DESTINASI WISATA TUTUP, karena ada kegiatan kerjabakti konservasi oleh pengelola.
  3. Untuk pesan tempat/Reservasi hubungi :
  4. 0812 3333 9889 (call only)
  5. 0821 3267 7714 (sms only)
  6. Pak Saptoyo 0813 3377 7689

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here