Penebaran Benih Ikan Wader Dan Ikan Tawes Dalam Rangka Memperingati Hari Air Sedunia

0
1153

Pada tanggal 22 Maret 2017 merupakan hari air sedunia yang diperingati dengan mengadakan “Pekan Ruwatan Kali Surabaya”.  Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Saifullah Yusuf selaku Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan itu beliau menyampaikan pentingnya untuk seluruh warga kota Surabaya sadar akan merawat dan menjaga kondisi sungai dan aliran air jauh dari kontaminasi limbah terutama bagi warga yang tinggal di sekitar Kali Surabaya. Bukan hannya masyarakat saja yang merawat kali Surabaya tetapi pihak-pihak dari Industri dimana setiap harinya mereka membuang limbahnya ke kali Surabaya. Diwajibkan agar industri-industri yang membuang limbahnya ke kali Surabaya menggunakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Sambutan Wakil Gubernur Jawa Timur
Sambutan Wakil Gubernur Jawa Timur

Puncak dari acara ini ialah pada saat dilakukannya  penebaran benih ikan Wader dan ikan Tawes di sekitar kali Surabaya  oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur. Penebaran benih ikan ini bertujuan untuk terus menjaga dan melindungi kelestarian makhluk hidup yang ada di kali Surabaya. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Melalui kegiatan ini melakukan penebaran benih ikan Wader dan Tawes  dengan jumlah sebanyak 50.000 benih. Benih ikan ini berasal dari UPT PBAT Umbulan. UPT PBAT Umbulan berada di Desa Sidepan kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Salah satu kegiatan budidaya yang ada di UPT PBAT Umbulan adalah budidaya ikan Wader. Ikan wader merupakan ikan endemik asli Indonesia yang perlu dilindungi populasinya akbat aktivitas manusia seperti pembukaan lahan untuk keperluan manusia itu sendiri, ikan Wader juga merupakan ikan yang sangat disukai orang Indonesia selain dari harganya murah, rasanyapun sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Melalui kegiatan GERTAK WADER (GERakan pelesTArian iKan Wader) UPT PBAT Umbulan melakukan inovasi teknologi budidaya ikan Wader yang kemudian di sosialisasikan dan diaplikasikan kepada masyarakat. Berbudidaya ikan Wader merupakan prospek yang sangat besar dikarenakan minat masyarakat yang sangat tinggi untuk ikan Wader, sementara populasinya di alam sangat sedikit.  Ikan Wader biasanya dijadikan sebagai olahan makanan yang banyak dijual di rumah makan bahkan restoran.

Proses penebaran benih ikan Wader dan Tawes secara simbolis oleh Wakil Gubernur Jawa Timur
Proses penebaran benih ikan Wader dan Tawes secara simbolis oleh Wakil Gubernur Jawa Timur

Sedangkan ikan Tawes merupakan salah satu jenis ikan yang biasa dikosumsi di daerah Asia Tenggara. Ikan Tawes mempunyai ukuran tubuh sedang dan mudah dibudidayakan di kolam-kolam. Bentuk badan agak panjang dan pipih dengan punggung meninggi, kepala kecil dan mulut meruncing, sungut sangat kecil. Beberapa nama ikan Tawes di beberapa daerah antara lain, Lawak (Melayu), Turub hawu (Sunda), Badir (Jawa) dan lain-lainnya. (bidangbudidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here