Sosialisasi Penyadaran Hukum Dalam Rangka Mengajak Nelayan Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut Bawean Di UPT P2SKP Bawean Gresik

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Pulau Bawean memiliki letak yang strategis dan kondisi alam yang subur serta kaya akan sumberdaya ikan dengan jenis yang beraneka ragam. Melihat keanekaragaman sumberdaya ikan tersebut, maka tidak mengheran jika Pulau Bawean menjadi daerah fishing ground nelayan lokal maupun nelayan pantai utara Jawa yang jumlahnya ratusan armada kapal penangkap ikan dan kapal pengangkut. Dengan banyaknya nelayan yang mencari ikan di wilayan Pulau Bawean, hal ini berpotensi untuk dapat mengganggu kelestarian ekosistem di laut Bawean. Guna mencegah terjadinya kerusakan ekosistem laut di Bawean, UPT P2SKP mengundang nelayan pulau Bawean serta berbagai pihak terkait dalam acara sosialisasi “Penyadaran Hukum Tentang Peraturan Perudang – undangan Bidang Kelautan dan Perikanan”.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada bulan Mei 2017 ini dihadiri oleh Kepala UPTD Kelautan dan Perikanan kab. Gresik, Aparat desa setempat, Satpolair, serta 35 nelayan setempat dengan pemateri dari UPT P2SKP Bawean. Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan pentingnya kesadaran masyarakat bawean khususnya para nelayan untuk mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah agar supaya mempermudah pengadministrasian, pelayanan, pendataan serta penyaluran bantuan pemerintah.

Foto Bersama Para Peserta Sosialisasi
Foto Bersama Para Peserta Sosialisasi

UPT. P2SKP Bawean selaku kepanjangan tangan pemerintah selalu siap membantu apabila ada kepentingan ataupun pengaduan dari nelayan. Hal tersebut tidak lebih hanya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat nelayan setempat. Seperti yang sering terjadi belakangan ini pihak nelayan baru akan mengadu ketika sudah terjadi pencurian ikan di rumponnya oleh nelayan lain (baik nelayan Bawean dan luar pulau Bawean), begitupun juga sengketa koordinat wilayah rumpon; sedangkan ketika pemasangan rumpon tidak ada laporan untuk meminta surat izin pemasangan rumpon ke pihak Perikanan.

Diharapkan dengan adanya sosilisasi penyadaran hukum ini pihak nelayan akan semakin sinergi dengan UPT. P2SKP Bawean guna menjaga kelestarian lingkungan sumberdaya perikanan dan kelautan di Pulau Bawean. (uptp2skpbawean)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here