Kegiatan Pelatihan Budidaya Rumput Laut Di Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Budidaya Laut (UPT PBL) Situbondo

2
1175

Komoditas yang masuk sebagai komoditas perikanan  karena diusahakan dilaut, dan yang dapat dikembangkan dengan menjalin kerja sama kemitraan adalah budidaya rumput laut. Budidaya rumput laut pada umumnya dapat dilakukan oleh para pembudidaya/nelayan  dalam pengembangannya memerlukan keterpaduan unsur-unsur sub sistem, mulai dari penyediaan input produksi, budidaya sampai ke pemasaran hasil. Provinsi Jawa Timur mempunyai luas perairan 208.138 km2 meliputi selat Madura, Laut Jawa, Selat Bali dan Samudera Indonesia. Setidaknya ada banyak jenis rumput laut diperairan Indonesia, diantaranya yang diketahui memiliki nilai ekonomis yang tinggi yaitu Eucheunema sp, Gracilaria dan Gelidium.

Penyampaian materi oleh narasumber
Penyampaian materi oleh narasumber
Peserta pelatihan
Peserta pelatihan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Budidaya Laut (UPT PBL) Situbondo melaksanakan kegiatan pelatihan budidaya rumput laut kepada masyarakat dengan tujuan untuk  meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para peserta pelatihan. Adapun materi pelatihan yang disampaikan adalah Pemilihan lokasi budidaya rumput laut, sarana dan prasarana budidaya rumput laut, teknik budidaya rumput laut serta panen dan pemasarannya. Peserta pelatihan berasal dari berbagai daerah diantaranya :

  1. Kabupaten Situbondo
  2. Kabupaten Probolinggo
  3. Kabupaten Banyuwangi
  4. Kabupaten Pacitan
  5. Kabupaten Sumenep
  6. Kabupaten Pamekasan

Peserta pelatihan diikuti oleh para pelaku usaha budidaya rumput laut (pembudidaya rumput laut) dan pembudidaya pemula dalam usaha budidaya rumput laut. Bagi mereka yang telah lama dalam menjalankan usaha budidaya rumput laut, pelatihan ini dimanfaatkan sebagai wadah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mereka dilapangan, sedangkan bagi mereka pemula dalam usaha budidaya rumput laut / yang akan menggeluti usaha budidaya rumput laut mereka sangat senang mendapatkan materi tentang budidaya rumput laut serta ikut termotivasi dalam mendirikan usaha budidaya rumput laut.

Budidaya rumput laut harus memenuhi persyaratan lokasi yang tepat, berikut kriteria lokasi yang bagus untuk budidaya rumput laut :

  1. Terlindungi dari pegaruh angin dan gelombang yang besar
  2. Kecepatan arus 20-40 cm/s
  3. Kondisi dasar perairan (dasar pecahan karang dan pasir kasar)
  4. Kedalaman 30 – 60 cm pada waktu surut terendah
  5. Salinitas 28 – 34 ppt
  6. Bebas pencemaran
  7. Dekat dengan tenaga kerja

Bibit yang digunakan untuk budidaya rumput laut adalah bibit yang unggul dan bebas dari penyakit, berikut kriteria bibit yang bagus untuk budidaya rumput laut :

  1. Bercabang banyak, rimbun dan runcing
  2. Tidak terdapat bercak dan terkelupas
  3. Warna spesifik (cerah)
  4. Umur 25 – 35 hari
  5. Berat bibit antara 50 – 100 gram
  6. Bebas dari penyakit ice-ice

Hasil dari budidaya rumput laut digunakan untuk beberapa keperluan, ada yang digunakan sebagai bibit kemudian juga ada yang dijual ke pabrik pengolahan rumput laut yang ada di wilayah Surabaya. Untuk pengolahan skala rumah tangga, rumput laut diolah menjadi beberapa produk seperti kerupuk rumput laut, puding rumput laut, dodol rumput laut dan lain-lain. (bidangbudidaya)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here