Kegiatan Pelatihan Pembuatan Alat Penangkapan Ikan Trammel Net Di Kabupaten Probolinggo

0
847

Dalam rangka meningkatkan hasil penangkapan ikan, banyak upaya yang dilakukan oleh nelayan sebagai pelaku utama kegiatan penangkapan ikan di laut, baik dilakukan oleh nelayan skala besar maupun skala kecil. Beberapa upaya yang telah dilakukan tersebut menyangkut tentang permesinan kapal, alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan. Di bidang alat penangkapan ikan pada perkembangannya telah banyak dilakukan modifikasi-modifikasi sehingga menjadi tidak sesuai dengan standar aturan yang ada.

Jika dilihat dari cara pengoperasiannya dan konstruksinya ada beberapa alat tangkap yang ramah lingkungan dan ada pula alat tangkap yang tidak ramah lingkungan sehingga dilarang untuk digunakan / dioperasikan. Alat tangkap trammel net merupakan alat tangkap yang termasuk ramah lingkungan. Di kalangan nelayan trammel net sering disebut juga jaring kantong, jaring gondrong atau jaring udang dimana hasil tangkapannya berupa udang maupun ikan.

Pada tahun anggaran 2017 ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pelatihan Teknis Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Probolinggo menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Alat Penangkapan Ikan Trammel Net. Pada bulan Juli ini  Pelatihan Pembuatan Alat Penangkapan Ikan Trammel Net dilaksanakan di Desa Pesisir, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo selama 4 hari yaitu mulai tanggal 10 s.d. 13 Juli 2017.

Maksud dan tujuan dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Alat Penangkapan Ikan Trammel Net ini adalah untuk mengenalkan kepada nelayan, membekali ilmu dan ketrampilan kepada nelayan tentang alat penangkapan ikan trammel net beserta praktik pembuatannya. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan nelayan / peserta pelatihan mampu membuat sendiri alat penangkapan ikan trammel net ini.

Materi inti yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi materi teori dan materi praktik sebagai berikut:

  1. Mengenal trammel net
  2. Daerah penangkapan ikan
  3. Pemanfaatan sumberdaya ikan yang ramah lingkungan
  4. Praktik pembuatan alat penangkapan ikan trammel net

Sedangkan materi penunjangnya adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan produksi perikanan tangkap dengan beralih ke daerah penangkapan ikan yang lebih produktif.
  2. Peluang dan hambatan usaha perikanan tangkap di Kabupaten Probolinggo.

Dengan materi-materi tersebut nelayan dikenalkan dengan alat tangkap trammel net, konstruksinya, daerah penangkapannya dan cara pembuatan alat tangkap trammel net tersebut. (bidangtangkap)

Praktik pemotongan jaring
Praktik pemotongan jaring
Praktik penyambungan webbing dengan srampat
Praktik penyambungan webbing dengan srampat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here