Pelatihan Pembuatan Lampu Celup Dalam Air Untuk Nelayan Skala Kecil Di Kabupaten Probolinggo

0
1813

Perkembangan Teknologi Penangkapan Ikan Banyak sekali mengalami revolusi desain, bahan dan ukuran sebagai efek akibat tuntutan terhadap  nelayan untuk menggunakan jenis alat tangkap yang ramah lingkungan, salah satunya adalah teknologi Lampu Celup Dalam Air sebagai alat bantu penangkapan ikan yang sedang gencar-gencarnya diperkenalkan kepada nelayan melalui Pelatihan yang diadakan oleh UPT PELATIHAN TEKNIS PENGELOLAAN SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN, yang membuat beda pada Pelatihan yang diadakan oleh UPT PTPSKP PROBOLINGGO ini adalah “bahan” yang digunakan ialah bahan yang sangat mudah sekali dijumpai di pasaran, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Teknologi Lampu Celup yang beredar selama ini menggunakan bahan-bahan yang ketersediannya di pasaran sangat sulit bahkan mustahil di dapatkan oleh masyarakat nelayan apalagi dalam hal ini nelayan skala kecil. Bahan yang digunakan adlaah toples dan pipa paralon yang sangat sederhana bahkan ibu-ibupun sangat familiar sekali dengan kedua jenis bahan ini.

Manfaat pelatihan lampu celup dalam air untuk nelayan adalah untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan dibidang penangkapan ikan serta meningkatkan produktivitas penangkapan ikan karena lampu celup dalam air ini merupakan alat bantu penangkapan ikan yg berfungsi untuk mengumpulkan ikan sesuai dg sifat fototaksis ikan sehingga memudahkan untuk melakukan penangkapan ikan dan mampu menghemat biaya operasional. Lampu celup dalam air ini belum ber SNI dan masih akan dikembangkan terus agar lebih sempurna. Bisa dibuat sendiri oleh nelayan dg biaya yg bisa terjangkau.

Lampu utama yang digunakan adalah menggunakan lampu LED yang telah kita ketahui bersama konsumsi dayanya relatif kecil sehingga unjuk kerja daripada lampu celup ini bisa lumayan lama sekitar 6 jam mengingat sumberdaya yang digunakan adalah dari aki sepeda motor type MF (Maintenance Free) alias Aki Kering. (bidangtangkap)

Peserta Pelatihan Mencoba Menyalakan Lampu Celup yang Dirakit
Peserta Pelatihan Mencoba Menyalakan Lampu Celup yang Dirakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here