Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Di SMA Trensains Pondok Pasantren Tebuireng Jombang

0
489

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada hari minggu tanggal 13 Agustus 2017 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jombang – Jawa Timur. kunjungan dilaksanakan di SMA Trensains, Pesantren Tebuireng 2 di Desa Jombok, Kecamatan Ngoro. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penebaran perdana benih ikan lele untuk budidaya lele sistem bioflok.

Kedatangan menteri KKP disambut lansung oleh pengasuh pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid beserta jajarannya. Hadir bersama rombongan Ibu Menteri, Sekjen KKP, Dirjen Perikanan Budidaya, Direktur Pembenihan Perikanan Budidaya dan Jajaran KKP.

KH Salahuddin Wahid selaku pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, dalam sambutan selamat datang menyampaikan apresisasi yang besar atas upaya yang telah dilakukan KKP untuk mengembangkan kegiatan perikanan khususnya perikanan budidaya dengan memanfaatkan potensi lahan dan air yang begitu besar di Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan ada peningkatan kosumsi makan ikan oleh santri maupun masyarakat. Ponpes Tebuireng sangat mengapresiasi dan mendukung komitmen KKP untuk memanfaatkan potensi lahan yang didmiliki ponpes bagi kegiatan perikanan budidaya seperti budidaya lele.

Menteri KKP dalam sambutannya mengharapkan Pesantren di Indonesia bisa mandiri di sector perikanan, sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein untuk para santri sehingga mereka bisa menjadi generasi yang cerdas. “kami ingin agar santri bisa mendapatkan cukup asupan ikan sehingga IQ mereka meningkat, kalau IQ meningkat mereka bisa menjadi anak-anak yang cerdas, anak pintar dan mampu bersaing ditingkat internasional”.

Berkaitan dengan kegiatan ini Menteri KKP juga menyerahkan bantuan program gerakan pakan mandiri (Gerpari) kepada kelompok pembudidaya ikan dan pondok Pesantren di Kabupaten Jombang, bantuan pakan, sarana pengolahan, sarana budidaya lele sistem bioflok untuk 21 penerima pondok pesantren se-Jawa Timur, dengan total nilai sekitar Rp. 6,8 miliar.

Penebaran benih lele oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI
Penebaran benih lele oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Selain dari KKP, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur juga menyerahkan bantuan sarana budidaya lele sistem kolam beton sebanyak 4 unit dan kolam terpal bundar sebanyak 4 unit, serta bantuan 1 paket mesin pembuat pakan pellet beserta  bahan bakunya. Selain itu juga dilakukan penebaran ulang Bibit Lele sejumlah 6000 ekor dari UPT PTPBP3KP oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya DKP Jatim, Ibu Ir. Riyama Budiwati, MM. Sebelumnya bantuan paket Budidaya Lele dari DKP Jatim telah dipanen oleh Ponpes Tebuireng.

Penebaran benih oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya
Penebaran benih oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya

Seusai memberikan pengarahan dan penyerahan bantuan secara simbolis, Menteri KKP melanjutkan kegiatan dengan menyaksikan demo masak olahan produk ikan oleh siswi  Trensain 2 Ponpes Tebuireng Jombang yang dipandu oleh Chef Khen (Juara master chef Indonesia) dan UPT PTPBP3KP Kpanjen Malang. Selanjutnya melakkukan penebaran benih lele untuk kegiatan Budidaya Lele Sistem Bioflok bersama KH Salahuddin Wahid, pengasuh pesantren Tebuireng dan didampingi jajaran kementrian Kelautan dan Perikanan. (bidangbudidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here