Meriahnya Festival Nelayan Dan Sedekah Laut 1 Muharram Di Tamperan

0
505

Memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, masyarakat nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten Pacitan bekerjasama dengan Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur , menggelar Festival Nelayan dan Sedekah Laut, Rabu(20/09/17) di UPT P2SKP Tamperan, Pacitan. Turut hadir dalam acara ini Bupati Pacitan, Wakil Bupati Pacitan, dan jajaran Forkopimda.

Dalam sambutannya ketua HNSI Pacitan, Damhudi menyampaikan bahwa budaya ini terwujud sebagai rasa syukur nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada nelayan atas hasil laut yang diperoleh.

‘’Sedekah Laut adalah kegiatan memacu semangat kita untuk tetap menjaga dan melestarikan warisan para leluhur,giat ini nanti akan dirangkai dengan kegiatan bakar ikan massal, kesenian wayang, dan ruwatan.’’ Kata ketua HNSI yang sekaligus sebagai ketua panitia.

Bupati Pacitan, Indartato memberikan apresiasi atas terwujudnya acara tersebut.

‘’Yang akan selalu dikenang saat tahun baru Muharram adalah pertama kita mengenang dan mensyukuri nikmat, keduanya yakni evaluasi terhadap apa yang kita kerjakan selama ini. Kami berterima kasih kepada HNSI karena kegiatan ini bisa menyatukan seluruh nelayan Pacitan.’’kata beliau.

Agenda kegiatan ini diawali dengan kembul budjono atau makan bareng dengan 230 ingkung dilanjutkan dengan mengarak tumpeng yang akan dilarung di teluk Pacitan.

Warga mengarak tumpeng menuju demaga pelabuhan
Warga mengarak tumpeng menuju demaga pelabuhan
Tumpeng berhasil dihanyutkan di teluk Pacitan
Tumpeng berhasil dihanyutkan di teluk Pacitan

Memasuki malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan bakar ikan massal dan gelaran wayang combo dengan dalang Ki Fajar Riyanto. Terlihat antusiasme warga dengan kegiatan tersebut membuat suana malam menjadi panjang.

Suasana bakar ikan massal
Suasana bakar ikan massal
Kesenian wayang combo
Kesenian wayang combo

Acara yang diikuti tidak kurang dari seribu nelayan dan warga ini berlangsung tertib.

‘‘’Terima kasih kepada seluruh elemen yang sudah berpartisipasi dan ikut menjaga ketertiban keamanan acara ini. Kami berharap bahwa acara ini bisa berdampak mengurangi dan menghilangkan illegal fishing khususnya yang ada di Pacitan dan Indonesia umumnya.’’kata kepala UPT P2SKP Tamperan, DR. Ninik Setyorini,MT (uptp2skptamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here