Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Teknik Pembenihan Udang Vaname Sepenggal Di UPT PTPBP2KP Kepanjen – Malang

0
332

Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan dari Indonesia yang diharapkan mengalami peningatan. Udang vaname dipilih sebagai komoditas unggulan karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya banyak diminati oleh pasar lokal maupun internasional, lebih tahan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan jenis udang putih lainnya, pertumbuhan relatif lebih cepat, serta memiliki toleransi yang cukup besar terhadap perubahan kualitas lingkungan. Untuk memotivasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembenihan udang vaname maka perlu adanya kegiatan pelatihan pembenihan udang vaname yang baik dan benar sesuai dengan prosedur.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (UPT PTPBP2KP) Kepanjen melaksanakan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Teknik Pembenihan Udang Vannamei Sepenggal selama 4 hari. Sasaran peserta kegiatan pelatihan ini adalah dari pendamping teknis pembenih Udang vaname yang berasal dari berbagai daerah diantaranya :

  1. Kabupaten Tuban
  2. Kabupaten Lamongan
  3. Kabupaten Gresik
  4. Kabupaten Banyuwangi
  5. Kabupaten Sidoarjo
  6. Kabupaten Pasuruan
  7. Kota Probolinggo
  8. Kabupaten Situbondo
  9. Kabupaten Probolinggo

Dengan mengikuti kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Teknik Pembenihan Udang Vannamei diharapkan peserta pelatihan kompeten dalam kegiatan pembenihan udang vannamei serta dapat mengaplikasikannya kepada kelompok di kabupaten/kota, guna meningkatkan produktivitas pembenihan udang di Provinsi Jawa Timur.

Adapun materi pelatihan yang disampaikan sebagai berikut :

  1. Persiapan Pemeliharaan Larva Udang Vannamei disampaikan oleh Ardi Soesanto, S.T, M.Ap (Materi berkaitan persiapan dan sanitasi bak pemeliharaan. Bak dikeringkan, kemudian dibersihkan dari kotoran), apabila sebelumnya larva pernah terserang penyakit maka bak direndam menggunakan air tawar yang diberi kaporit 60% 100 ppm dan PK 1 ppm selama 2 hari, kemudian air dibuang dan dicuci dengan menggunakan kaporit 100 ppm dan deterjen pada dinding dan dasar bak kemudian Dibilas dengan menggunakan air tawar dan dikeringkan selama 1 minggu dan Selang pemberat serta batu aerasi dijemur selama 2 hari. Selain persiapan bak juga dijelaskan kultur pakan alami dan persiapan media yang akan digunakan untuk pembenihan udang vanname.
  2. Pemeliharaan Larva Udang Vaname disampaikan oleh Iwan Harunsyah,S.Pi, MT (Materi Berisikan berkaitan pengendalian kualitas air pada wadah pemeliharaan larva udang vannamei, pengendalian kesehatan larva udang vaname dan pengujian kualitas benur). Parameter Kualitas Air optimal untuk kegiatan pembenihan udang vannamei pH 7 – 8,3, Suhu 28 – 32 C, Salinitas 25 – 35 ppt, Kandungan Oksigen (DO) > 5 ppm, CO2 < 20 ppm, NH3 < 0,03 ppm, NO2 < 1 ppm, NO3 < 60 ppm, H2S < 2 ppb. Volume Pergantian Air M3 – PL 3 5-10 %, PL3 – PL6 10-20 %, > PL6 > 20%.
  3. Panen dan Distribusi Benur disampaikan oleh Asmaul Khusnah, S.Pi (Materi Berisikan prosedur penampungan benur, pengemasan benur dan prosedur pendistribusian benur ). Berikut adalah tabel  perhitungan didalam menentukan kepadatan benur serta perbandingan volume air dan oksigen :
    Tabel 1 . Kepadatan benur
    Tabel 1 . Kepadatan benur

    Tabel 2. Perbandingan volume air dan oksigen  sesuai standar
    Tabel 2. Perbandingan volume air dan oksigen  sesuai standar
  4. Teknik Transportasi disampaikan oleh Dodik Heriadi, S.Pi (materi berisikan teknik pengiriman benur yang baik dan benar untuk meminimalisir tingkat kematian pada benur saat proses pengiriman ke lokasi pembeli)
  5. Manajemen Pakan disampaikan oleh Iwan Sumantri, S.Pi (Materi berisikan tentang teknik pemilihan pakan yang akan digunakan, dosis pakan serta cara pemberian pakan)
Penyampaian materi oleh Narasumber
Penyampaian materi oleh Narasumber

Selain penyampain materi didalam kelas, untuk menajamkan pemahaman peserta pelatihan tentang pembenihan udang vaname maka dilakukan praktek Lapang di Instalasi Budidaya Air Payau (IBAP) Probolinggo yang dipandu langsung oleh Tim Teknis Pembenihan Udang Vaname di IBAP Probolinggo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here