Pantai Berseri Di Bawean

0
404

Bawean – Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menggalakkan kegiatan gerakan Pantai Berseri di beberapa daerah Provinsi Jawa Timur. Pada bulan Oktober 2017 Pulau Bawean menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Gerakan Pantai Berseri, tepatnya di pantai pelabuhan pulau Bawean Kecamatan Sangakapura, Kabupaten Gresik. Kegiatan Pantai Berseri kali ini ditandai dengan bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove. Kepala UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) BAWEAN mengatakan bahwa gerakan pantai berseri dipusatkan di Pelabuhan Bawean didasari oleh kondisi banyaknya sampah di pinggir pantai pelabuhan. Pelabuhan Bawean termasuk pintu masuk yang seharusnya dijaga kebersihan pantainya untuk menyambut pengunjung ataupun wisatawan.

Kegiatan ini dihadiri MUSPIKA kecamatan Sangkapura dan siswa SMAN 1 Sangkapura. Bapak Abdul Adim selaku camat Sangkapura sangat mengapresiasi atas diadakannya kegiatan gerakan pantai berseri diwilayahnya. “Kegiatan ini sangat bagus untuk mengatasi persoalan sampah yang seringkali jadi kritikan banyak orang,”paparnya.

Kegiatan bersih - bersih pantai
Kegiatan bersih – bersih pantai

Kegiatan ini juga dihadiri oleh POKMASWAS yang telah meraih Juara I Evaluasi Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 Pengawasan Bidang Pelestarian Sumberdaya Perairan. Dengan adanya kegiatan bersih – bersih pantai dimaksud menurut Pokmaswas untuk mengurangi pencemaran pesisir pantai dan laut, menunjang program pembangunan ekowisata di Pulau Bawean, serta menjaga keseimbangan ekosistem pantai.

Antusiasme peserta kegiatan terlihat dari meriahnya acara hiburan dan pembagian doorprize setelah acara bersih-bersih dan penanaman mangrove. Diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan guna menjaga kelestarian daerah pesisir pantai di Pulau Bawean yang memiliki potensi cukup besar baik ekowisata maupun pemanfaatan sumberdaya pesisirnya. (uptp2skpbawean)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here