Sosialisasi Kebersihan Lingkungan Pelabuhan dalam Rangka Menuju Kawasan Eco Port di UPT P2SKP Puger

0
786

“Sosialisasi Kebersihan Lingkungan Pelabuhan” dilaksanakan oleh UPT P2SKP Puger mengacu pada konsep ECO Port sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan Lingkungan Maritim dan Pedoman Pelaksanaan Bandar Udara Ramah Lingkungan.

Sosialisasi yang dilaksanakan di kantor UPT P2SKP Puger pada bulan November 2017 ini dihadiri oleh Kepala UPT P2SKP Puger, Kepala Satpolair, Kepala TNI AL Puger, dan Kepala TPI Puger, serta 30 pemilik lahan dan kios setempat dengan pemateri dari UPT P2SKP Puger. Materi yang disampaikan menekankan pada pentingnya kesadaran masyarakat di dalam area Pelabuhan Puger khususnya para pengguna jasa untuk ikut menciptakan kawasan pelabuhan yang bersih, sehat, nyaman dan tertib.

Pelabuhan perikanan dalam pengelolaannya tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi dan sosial, tetapi aspek ekologi juga penting di perhatikan dalam pengelolaan pelabuhan perikanan. Perpaduan aspek ekologi, ekonomi dan sosial merupakan suatu model pendekatan pengelolaan pelabuhan berwawasan lingkungan yang riil demi keberlanjutan pembangunannya. Pengelolaan pelabuhan yang melakukan pemeliharaan integritas ekologi atau pemeliharaan lingkungan merupakan inti dari konsep Eco Port, maka dari itu untuk tercapainya pelabuhan perikanan berwawasan lingkungan, perlu penerapan manajemen pelabuhan yang pro lingkungan.

Penerapan manajemen pelabuhan yang pro lingkungan adalah menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Mencegah potensi risiko penyebaran penyakit, gangguan kesehatan, keamanan dan ketertiban yang dinamis sehingga tercipta Pelabuhan Sehat. Dari aspek kesehatan masyarakat, media lingkungan yang perlu mendapat perhatian dalam mewujudkan kualitas Lingkungan Pelabuhan yang sehat adalah upaya untuk mengawasi agen penyebaran penyakit (fisik, kimia, mikrobiologis), media perantara (air, udara, makanan/minuman, vektor penyakit seperti serangga dan binatang pengerat, sampah dan limbah, manusia beserta perilakunya), pengamatan penyakit dan keluhan masyarakat yang terkait dengan kegiatan di Pelabuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here