Peningkatan Produksi Benih Ikan Lele Melalui Pemijahan Buatan

3
1135

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (UPT PTPBP2KP) Kepanjen, dalam rangka mensosialisaikan aplikasi suntikan hormon perangsang pada induk jantan dan betina dan pemijahan buatan mengadakan kegiatan Pelatihan Teknik Pemijahan Buatan Ikan Lele. Peserta kegiatan pelatihan tersebut adalah dari pendamping teknis dan petugas balai benih ikan yang berasal 10 Kabupaten dan 3 Kota di Provinsi Jawa Timur, antara lain : Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Madiun, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Jember, Kabupaten Ngawi,Kabupaten Jombang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Blitar.

Kegiatan Pelatihan Pemijahan Buatan Ikan Lele diadakan selama 3 hari di UPT PTPBP2KP Kepanjen. Selama kegiatan pelatihan materi yang disampaikan antara lain :

  1. Cara Pembenihan Ikan yang Baik dan Benar.

Cara Pembenihan Ikan yang Baik dan Benar Merupakan standar sistem mutu perbenihan paling sederhana/dasar yang seharusnya diterapkan oleh pembenih ikan dalam memproduksi benih ikan yang bermutu, dengan cara melakukan manajemen induk, pemijahan, penetasan telur, pemeliharaan larva/benih dalam lingkungan yang terkontrol melalui penerapan teknologi yang memenuhi persyaratan SNI atau persyaratan teknis lainnya, serta memperhatikan biosecurity, mampu telusur (traceability) dan keamanan pangan (food safety)

  1. Peranan Hormon Dalam Pemijahan Ikan Lele Terhadap Peningkatan Kualitas Telur Hormon disampaikan oleh Dr. Uun Yanuhar S.Pi, M.Si dari Universitas Brawijaya.

Pemberian hormon pada ikan betina dilakukan dengan penyuntikan sebanyak dua kali secara berurutan, injeksi pertama dengan pemberian hCG (human chorionic gonadotropin) dengan dosis 500 IU (international unit) per kg bobot tubuh ikan betina. Pemberian pada injeksi pertama belum memicu ke arah terjadinya ovulasi; injeksi kedua dengan Ovaprim (campuran GnRh dan Domperidone)yang diberikan 24 jam setelah pemberian hCG, dengan dosis 0,6 mL.kg-1, untuk memicu ovulasi. Waktu penyuntikan sekitar jam 4 sore. Sedangkan pemberian hormone pada ikan jantan diberikan injeksi tunggal Ovaprim dengan dosis 0,4 mL.kg-1 dan sekaligus memberikan injeksi Ovaprim pada ikan betina.

Pemberian hormon pada induk ikan lele
Pemberian hormon pada induk ikan lele
  1. Teknik Pemijahan Buatan Ikan Lele disampaikan oleh Fariduddin Ath-Thar, S.Pi,M.Si dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar Bogor.

Dalam pemijahan buatan ada beberapa factor utam yang harus diperhatikan antara lain induk yang digunakan merupakan strain unggul, sudang matang gonad. Untuk pematangan gonad dapat dilakukan menggunakan Pakan Protein 30%, Pakan khusus induk dan aplikasi hormon (Oodev) 0,5 ml/kg untuk mempercepat kematang gonad pada induk ikan. Sebelum dipijahkan induk dilakukan penyuntikan dengan hormone ovaprim dengan dosis 0,5 ml/kg induk, penyuntikan dilakukan 2 kali dengan dosis ovaprim 50% penyuntuikan pertama dan 50% pada penyuntikan kedua. Pembedahan pada induk  jantan untuk mengambil kantung sperma, lalu kantung sperma dipotong sambil diencerkan menggunakan NaCL 100ml, Setelah itu induk betina dilakukan striping(pengurutan pada bagian perut) dan spema yang telah dipotong2 dicampur dengan telur hasil striping dan diaduk dengan  bulu ayam. Telur yang telah dibuahi dimasukkan ke bak penetas yang didalamnya telah berisi kakaban menggunakan bulu ayam. Telur akan menetas  selama 24 -30 jam tergantung pada suhu air. (bidangbudidaya)

3 COMMENTS

  1. TERNAK LELE SEMAKIN MENARIK UNTUK TERUS DI KEMBANGKANG, BANYAK PENGUSAHA PENGUSAHA YANG MELIRIK USAHA TERNAK LELE INI, SELAIN MUDAH DI PELIHARA, PERMINTAAN AKAN IKAN LELE CENDERUNG MENINGKAT. MANTAP BUAT DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN JATIM TERUS MENGEMBANGKAN JIWA WIRAUSAHAWAN DI DUNIA PERIKANAN

  2. Terimakasih atas ilmu dan pelatihanx..bermanfaat..JAYA TERUS PERIKANAN INDONESIA..Sukses Selalu “DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI JAWA TIMUR”

  3. Ilmu yg mudah-mudahan banyak membawa manfaat.. Sukses buat dinas kelautan dan perikanan khususnya provinsi jawa timur. Salam kenal dari pebudidaya ikan lele pemula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here