Penyerahan Secara Simbolis Bantuan Rumah Ikan Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Di Kota Probolinggo

0
722

Pada bulan Desember 2017 bertempat di Pelabuhan UPT P2SKP Mayangan, penyerahan secara simbolis dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur kepada Walikota Probolinggo berupa partisi rumah ikan dilaksanakan dalam acara tatap muka dan dialog publik bersama Walikota Probolinggo.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo, Bapak Ir. Budi Krisyanto, M. Si sekaligus memberikan arahan tentang potensi sumber daya ikan di Perairan Laut Kota Probolinggo. Kota Probolinggo memiliki potensi sumberdaya ikan yang tinggi, akan tetapi hasil perikanan tangkap mulai menurun seiring dengan peningkatan kegiatan perikanan tangkap. Beberapa faktor yang menyebabkan penurunan ketersediaan sumber daya ikan antara lain upaya eksploitasi berlebihan dengan menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan, degradasi lingkungan dan habitat ikan di laut. Untuk melindungi ekosistem laut dan memanfaatkan sumberdaya ikan secara berkesinambungan, perlu diciptakan fishing ground buatan  (rumah ikan) dan underwater restocking laut.

Kota Probolinggo memiliki 5 lokasi rumah ikan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Rumah ikan ditenggelamkan di daerah sekitar karang katon. Kondisi perairan laut di karang katon setelah penenggelaman rumah ikan yaitu terdapat 29 jenis – jenis ikan baru antara lain ikan kue macan, Diodon holocanthus, Round batfish, Silver sweetlips, Blue-streak Cleaner Wrasse, Russel’s snapper, Yellow tail False Fusilier, Panda clownfish, Western clownfish dan jenis ikan lainnya. (bidangtangkap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here