Teknologi Pengembangan Probiotik

0
358

Pengembangan perikanan khususnya pada sektor budidaya pada era perdagang bebas sekarang tidak hanya terfokus pada hasil produksi semata, tetapi faktor keamanan pangan dan budidaya ramah lingkungan serta berkelanjutan mulai menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan, Sesuai dengan Peraturan Mentri Kelautan dan Perikanan KEP-02-MEN-2007 tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik,(CBIB), maka pengguna obat-obatan dan bahan kimia dilakukan pembatasan khususnya pada obat antibiotik sangat dilarang untuk digunakan atau dicampur pada pakan ikan. Sebagai ganti pembatasan penggunaan antibiotik dalam kegiatan perikanan adalah probiotik. Berbeda dengan antibiotik yang tersusun dari bahan kimia, probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang sifatnya menguntungkan bagi inangnya serta mampu memperbaiki kualitas lingkungan perairan. UPT Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (PTPBP2KP) Kepanjen mencoba untuk mengembangkan perbanyakan probiotik dengan menggabungkan antara bahan prebiotik dengan bakteri probiotik. Formulasi perbanyakan probiotik sebanyak 100 liter, yaitu :

Tabel bahan probiotik
Tabel bahan probiotik

Cara Pembuatan:

Seluruh bahan ditimbang sesuai dengan formulasi lalu dihaluskan dengan blender atau mesin penghalus. Setelah halus dimasukkan ke wadah drum plastik. Tahap selanjutnya merebus air sampai mendidih dan memasukkannya kedalam drum plastik dalam kondisi panas. Wadah drum plstik dipenuhi dengan air panas sampai penuh, setelah itu ditutup dan diamkan selama 2 hari sampai kondisi air dalam wadah drum plastik dingin.

Pelatihan pengembangan probiotik oleh UPT PTPBP2KP Kepanjen
Pelatihan pengembangan probiotik oleh UPT PTPBP2KP Kepanjen

Tahap selanjutnya pemberian starter probiotik Lactobacillus casei, Saccharomyces cerevisiae, Bacillus sp. Wadah drum ditutup rapat dan diamkan (difermentasi) selama 1 bulan. Selama proses fermentasi dalam wadah drum plastik akan muncul gas, untuk mengurangi gas cukup membuka wadah untuk mengeluarkan gas lalu menutupnya rapat kembali. setelah 1 bulan perbanyakan probiotik dapat dipanen dan dikemas dalam wadah botol plastik berwarna gelap (tidak transparan). Perbanyakan Probiotik dapat dimanfaatkan untuk fermentasi pakan ikan, menjaga kualitas air media budidaya ikan dan persiapan lahan budidaya. (bidangbudidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here