Kegiatan Sekolah Pantai Di Kabupaten Tulungagung

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur mengadakan Kegiatan Sekolah Pantai yang di ikuti oleh 50 Orang siswa/siswi SMP Negeri 1 Besuki di Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini bertujuan mengajak generasi muda untuk lebih mencintai wilayah pesisir dengan cara melakukan penghijauan berupa menanam mangrove di wilayah pesisir Kabupaten Tulungagung terutama di Pantai Bayeman Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staff Bidang Konservasi, Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP4K) Islakhul Mukmin, S. Pi. penanaman mangrove bertujuan sebagai pelindung pantai, pengendali banjir, penyerap bahan pencemar dan sumber energi lingkungan perairan. “Kita harus membiasakan diri untuk melatih anak – anak kita untuk merawat lingkungan khususnya wilayah pesisir” ungkapnya. Selain itu “Vegetasi mangrove sangat bermanfaat bagi perlindungan pantai dari abrasi, penahan rembesan air laut ke daratan, tempat perlindungan dan perkembangbiakan hewan dan ikan, sebagai penahan sedimen serta sebagai sarana edukasi dan destinasi wisata, imbuhnya.

Sosialisasi oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kab. Tulungagung
Sosialisasi oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kab. Tulungagung

“Kabupaten Tulungagung memiliki panjang garis pantai sepanjang kurang lebih 61. 470  km dengan potensi wilayah pesisir antara lain Molang, Dlodo, Sine, Ngelo, Gerangan, Brumbun, Popoh, Sidem, Klatak, Bayem, Gemah dan Ngalarap. Terang Dra. Dwi Ambarwati, MM.selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung. Selain itu Kabupaten Tulungagung terdapat beberapa pulau – pulau kecil antara lain Pulau Sosari, Solimo, Sokalong, Tamengan, Sigunung, Siupah, Batu Payung. sehingga sangatlah besar potensi yang dapat dikembangkan untuk wilayah pesisir di Kabupaten Tulungagung.

Dalam kegiatan ini besar harapan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur agar bisa berkelanjutan sehingga wilayah pesisir yang ada di wilayah Jawa Timur tetap terjaga kelestariannya. Selain itu kegiatan ini dapat digunakan sebagai wadah untuk pengenalan wilayah pesisir dan beberapa vegatasi yang ada didalamnya. (bidangkpp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here