Penyerahan Simbolis Tahap I Kredit Program Hulu Hilir Agro Maritim Sektor Kelautan dan Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Bulan Maret 2018 bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung telah melaksanakan kegiatan Penyerahan Simbolis Tahap I Kredit Program Hulu Hilir Agro Maritim Sektor Kelautan Dan Perikanan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur mewakili Gubernur Jawa Timur, Plh. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Sekda Kabupaten Tulungagung, Pimpinan PT. Bank Jatim, Pimpinan PT. Jamkrida, Kepala Dinas Perikanan Kab. Tulungaguing dan Kab. Pasuruan, serta pembudidaya peserta Program Hulu Hilir Agro Maritim Sektor Kelautan Dan Perikanan dari Kab. Tulungagung dan Kab. Pasuruan.

DR. Ir. H. RB Fattah Jasin, MS, sedang memberikan arahan
DR. Ir. H. RB Fattah Jasin, MS, sedang memberikan arahan

Program Hulu Hilir Agro Maritim merupakan Program yang digagas Oleh Gubernur Jawa Timur, yaitu berupa program pemberian kredit bergulir modal kerja dan investasi kepada pelaku usaha di 3 sektor yaitu pertanian, perkebunan dan perikanan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan mengurangi pengangguran.

Program Hulu Hilir Agro Maritim Sektor Kelautan Dan Perikanan berupa bantuan kredit modal kerja dan investasi kepada pembudidaya ikan Cat Fish (Lele dan Patin) di Kab. Tulungagung dan Udang Vaname di Kab. Pasuruan.

Kredit Hulu Hilir ini nantinya selain dapat digunakan untuk pembiayaan investasi seperti membangun kolam atau tambak, membeli peralatan dan fasilitas budidaya. Dapat pula digunakan sebagai modal kerja, yaitu untuk membeli benih ikan/udang maupun pakan selama kegiatan pembesaran.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perikanan Kabupaten dan bank Jatim akan secara berkala melakukan pembinaan, pendampingan dan monitoring evaluasi atas pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan kepada penerima kredit, sehingga diharapkan kredit yang diterima benar-benar dapat bermanfaat untuk lebih mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan. (bidangbudidaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here