Bimbingan Teknis Diversifikasi Produk Olahan Ikan Di Pelabuhan Perikanan Muncar

0
360

Diversifikasi produk adalah upaya mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru, atau keduanya, dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas (Tjiptono, 2001). Sedangkan menurut Effendi, 1996, diversifikasi produk adalah suatu perluasan pemilihan barang dan jasa yang dijual oleh perusahaan dengan jalan menambah produk baru atau jasa ataupun memperbaiki tipe, warna, mode, ukuran, jenis dari produk yang sudah ada dalam rangka memperoleh laba maksimal. Dari definisi di atas terlihat kesamaan pendapat mengenai tujuan diversifikasi yaitu perluasan atau penambahan terhadap barang dan jasa untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Muncar bekerjasama dengan UPT. Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (PTPBP2KP) Kepanjen Malang mengadakan bimbingan teknis diversifikasi produk olahan berbahan ikan. Bertempat di aula UPT.P2SKP Muncar pada tanggal 4 Juli 2018, sebanyak 30 orang menjadi peserta pelatihan dengan latar belakang yang beragam mulai dari istri nelayan, pedagang ikan, pengasin dan lain-lain.

Peserta mendapat materi cara membuat produk olahan ikan bernilai tambah antara lain stik ikan dan kue ikan. Namun sebelum memasak, mereka terlebih dahulu dibekali materi tata cara penanganan dan pengolahan ikan yang baik dan penerapan sanitasi higiene. Peserta sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan, terlebih pada saat praktek memasak.

Hasil Produk Olahan Ikan
Hasil Produk Olahan Ikan

Tidak hanya diajarkan cara mengolah/memasak namun diajarkan pula cara pengemasan yang baik dan layak jual ke konsumen. Para peserta juga berharap agar kegiatan semacam ini terus diadakan secara berkelanjutan agar menjadi modal dasar untuk memulai menjual ikan tidak hanya produk mentah atau setengah jadi, namun produk langsung jadi kekinian yang banyak diminati pasar, sehingga tujuan akhirnya tercapai yaitu meningkatkan pendapatan mereka. (uptp2skpmuncar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here