Bimbingan Teknis (Bimtek) Identifikasi Hewan Laut yang Dilindungi

Perlunya sosialisasi tentang peraturan perundangan dan keputusan menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang mengatur tentang pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan kepada masyarakat pesisir (Pokmaswas). Dikhawatirkan, kurangnya informasi tentang Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan yang terbaru menyebabkan timbulnya pertentangan ditengah masyarakat yang menyangkut pemanfaatan suatu sumberdaya. Sebagai contoh, adanya Kepmen KP Nomor 4 Tahun 2014 tentang penetapan status perlindungan penuh Ikan Pari Manta, hal tersebut menunjukkan bahwa pada Ikan Pari Manta tidak diperkenankan untuk dimanfaatkan dengan tujuan komersil atau non komersil. Edukasi tentang identifikasi spesies hewan laut yang dilindungi kepada Pokmaswas di Kabupaten Malang diharapkan dapat meminimalisir kesalahan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada.

Penyerahan sertifikat kepada peserta Bimtek secara simbolik
Penyerahan sertifikat kepada peserta Bimtek secara simbolik

Bimtek ini dihadiri oleh 40 peserta yang merupakan Pokmaswas di Kab. Malang. Perwakilan dari Bidang Kelautan, Pesisir dan Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur juga turut hadir sebagai narasumber yakni Nurmagas, S.Pi yang memberikan materi tentang pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan. Narasumber lain yang dilibatkan berasal dari Akademisi Universitas Brawijaya yakni Ir. Sukandar, MP dan Vian Dedi Pratama, S.Pi yang memberikan materi tentang perlindungan jenis biota laut yang terancam punah dan karakteristik serta konservasi penyu. Dinas Perikanan Kabupaten Malang juga turut dilibatkan dalam kegiatan ini yakni dengan menunjuk Rahardi Ariyanto, S.Pi, M.Si.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan menjadi suatu wadah dalam penyampaian edukasi, saran dan pertukaran ide antar jejaring yang terdiri dari Pokmaswas, Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Akademisi dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Keberlanjutan kegiatan ini juga sangat diperlukan agar masyarakat pesisir di Jawa Timur memiliki kesamaan pemahaman tentang hewan laut yang dilindungi. (uptptpskpprobolinggo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here