Kunjungan Universität De Saarlandes Ke UPT P2SKP Pondokdadap Untuk Mengembangkan Konektivitas Desa Pesisir Di Kabupaten Malang

0
182

Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (UPT P2SKP) Pondokdadap menerima kunjungan dari perwakilan Universität de Saarlandes Jerman bersama dengan tim dosen yang berasal dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya pada hari Selasa 3 April 2018. Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan survey lokasi penyediaan platform informasi elektronik berbasis Local Area Network (LAN). Dalam kunjungan ini, tim UPT P2SKP bersama dengan Satuan Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (Satwas PSDKP) Malang berdiskusi bersama dengan tim gabungan tersebut untuk membahas kondisi aktual dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir di dalam mengembangkan jaringan komunikasi di wilayah pesisir Kabupaten Malang. Tujuan penyediaan platform informasi elektronik berbasis LAN ini adalah agar masyarakat pesisir dapat semakin terkoneksi, sehingga akan terjadi pertukaran informasi antara desa pesisir yang telah terkelola dengan baik terhadap desa pesisir yang masih belum terkelola dengan baik yang direncanakan memasang 6 buah platform dan satu buah server.

Diskusi antara perwakilan Universität de Saarlandes Jerman dengan Tim Satwas Malang
Diskusi antara perwakilan Universität de Saarlandes Jerman dengan Tim Satwas Malang

Kesimpulan yang dapat dimuat di dalam platform tersebut mencakup beberapa hal, seperti penyampaian konten pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat pesisir, terutama untuk mengelola kawasan pesisir berbasis perikanan yang berkelanjutan dan ekowisata bahari sesuai dengan kondisi terkini yang ada di pesisir Kabupaten Malang. Proses penyampaian informasi ini nantinya akan dilakukan secara online dengan memanfaatkan platform yang sudah dipasang, dimana dalam penyampaian informasi tersebut, masyarakat lebih diajak untuk berdiskusi dua arah untuk menyampaikan segala hal di dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya pesisir yang ada di kawasannya, mulai dari potensi hingga permasalahannya. Dengan penyampaian informasi yang lebih cepat dan aktual, diharapkan pihak akademisi bekerjasama dengan instansi terkait dapat bertindak cepat untuk menemukan solusi dan inovasi pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya pesisir yang berkelanjutan. (uptp2skppondokdadap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here