Pelatihan Budidaya Rumput Laut di UPT Pengembangan Budidaya Laut Situbondo

1
289

Budidaya rumput laut menjadi andalan penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir yang biasanya diidentifikasikan sebagai masyarakat di kantong kemiskinan. Kelebihan budidaya rumput laut adalah menggunakan teknologi budidaya yang sederhana, daya serap pasar yang tinggi dan biaya produksi yang rendah. Selain itu budidaya rumput laut merupakan salah satu usaha budidaya yang tidak menimbulkan pencemaran, tidak perlu pakan dan obat.

Mempertimbangkan banyaknya manfaat budidaya rumput laut bagi masyarakat pada umumnya dan para nelayan pada khususnya, maka Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pengembangan Budidaya Laut Situbondo mengadakan pelatihan Budidaya Rumput Laut. Pelatihan ini diikuti peserta sebanyak 30 orang berasal dari 6 Kabupaten (Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Pacitan).

Suasana pembukaan pelatihan
Suasana pembukaan pelatihan

Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, peserta mendapatkan ilmu tentang budidaya rumput laut dan dapat menerapkan budidaya rumput laut dengan baik dan benar. Dalam pelatihan ini peserta mendapat materi tentang : Pemilihan lokasi budidaya rumput laut, Sarana dan prasarana budidaya rumput laut, Teknik budidaya rumput laut, Hama dan penyakit pada budidaya rumput laut, dan Panen & Pemasaran rumput laut.

Para peserta menyatakan merasa senang dan mempunyai semangat baru dalam bekerja budidaya rumput laut, karena selama ini sebagian besar telahmelakukan budidaya rumput laut namun belum memiliki ilmu dan bekal yang cukup untuk budidaya rumput laut dengan hanya ikut – ikutan menanam bibit rumput laut tanpa pengetahuan bagaimana memilih bibit yang baik dan bagaimana menanam bibit dengan benar.

Bagi peserta yang belum pernah berbudidaya rumput laut, dengan adanya pelatihan ini menjadi tergerak hatinya untuk bisa memulai usaha budidaya rumput laut. Dengan semangat para peserta untuk berbudidaya rumput laut, maka akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi para pembudidaya dan nelayan di daerah masing – masing untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan  meningkatkan taraf hidup keluarga. (bidangbudidaya)

1 COMMENT

  1. Selamat siang Pak , saya dari Pt. Greenone Biotechnology
    mau berkerjasama dengan pemerintah mengenai pelatihan budidaya rumput laut.
    kita Ingin berkerja sama dengan pemerintah untuk memakmurkan masyarakat daerah sutubondo dan probolinggo DENGAN pelatihan budidaya rumput laut.
    mohon memberikan kesempatan kepada kita untuk berkerjasama dengan pemerintah dan kita bisa menghasilkan rumput laut yang menjadi bahan baku pabrik kita.
    Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here