Pelatihan Perbaikan Gear Box Di Sumenep

0
76
Praktek Bongkar Pasang dan Perbaikan Gear Box

Mahalnya biaya dari sebuah jasa perbaikan Gear box kapal perikanan harus diantisipasi dengan baik. Keterampilan dalam melakukan perbaikan dan perawatan gear box perlu diketahui dan dimiliki oleh nelayan.

UPT. Pelatihan Teknis Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (UPT. PTPSKP – Probolinggo) menyelenggarakan Pelatihan Perbaikan Gear box di Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep. Maksud dan tujuan dilaksanakan Pelatihan Perbaikan Gear Box Kapal Perikanan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan nelayan di bidang permesinan kapal khususnya dalam perawatan dan perbaikan komponen gear box agar nelayan tahu bagaimana cara merawat gear box dan cara mengatasi/memperbaiki jika terjadi kerusakan pada gear box. Dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki tersebut diharapkan bisa membantu nelayan agar kegiatan operasional penangkapan ikan bisa berjalan dengan lancar dan biaya operasional yang lebih ringan.

Pelatihan Perbaikan Gear Box Kapal Perikanan
Pelatihan Perbaikan Gear Box Kapal Perikanan

Penyaji yang memberikan berasal dari UPT. PTPSKP Probolinggo dan Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep. Penyaji Bpk. Fajar Hari Hartono memberikan materi Teori Gear box, Bpk. Tomhari memberikan materi Trouble Shooting, Bpk. Tommy Sumarno memberikan materi Keselamatan Kerja. Bpk. Edie Ferrydianto, S.Pi, MM menjadi perwakilan Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep yang memberikan materi Asuransi Nelayan.

Materi Teori Gear Box
Materi Teori Gear Box

Peserta dalam kegiatan pelatihan Perbaikan Gear box ini berjumlah 39 orang Nelayan di Kabupaten Sumenep, yakni berasal dari berbagai desa yang tersebar di seluruh Kecamatan di Kab. Sumenep.

Meskipun lokasi dinas cukup jauh dari daerah asal peserta, hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta guna memperoleh ilmu dan keterampilan yang akan diberikan. Setelah diberikannya pelatihan ini, nelayan dapat memanfaatkan waktu luang ketika tidak melaut (angin dan gelombang yang tinggi untuk memperbaiki Gear Box yang mengalami kerusakan. Kesinambungan pembinaan kepada nelayan di 22 Kota/Kab berpesisir di Jawa Timur agar dapat dilaksanakan. (UPT PTPSKP Probolinggo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here