CoRECT FPIK UB – UPT P2SKP Pondokdadap Memulai Kerjasama Kolaborasi Penguatan Pengelolaan Sumberdaya Hayati Pesisir Kabupaten Malang

0
100
Kunjungan Tim CoRECT FPIK UB

Senin (23/07) lalu, Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (UPT P2SKP) Pondokdadap, Malang mendapat kunjungan dari tim peneliti Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) yang tergabung dalam Research Group Coastal Resilience and Climate Change (CoRECT). Kunjungan ini bertujuan untuk mengkomunikasikan inisiasi kolaborasi pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Malang antara Tim CoRECT FPIK UB selaku akademisi, dan UPT P2SKP selaku pengelola dan pengawas sumberdaya kelautan dan perikanan di Kabupaten Malang.

Pertemuan yang bertempat di gedung pelayanan UPT P2SKP Pondokdadap ini dimulai dengan perkenalan dari kedua belah pihak dan pemaparan Tim CoRECT mengenai program penelitian jangka pendek, menengah, dan panjang yang direncanakan oleh Tim CoRECT untuk menginventarsasi data mengenai habitat penting dan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Malang. Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat dari Tim UPT P2SKP mengenai kondisi terkini terkait potensi dan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang ada di Kabupaten Malang.

Pemaparan Tm CoRECT FPIK UB
Pemaparan Tm CoRECT FPIK UB

Pesisir Kabupaten Malang merupakan salah satu titik lokasi keanekaragaman hayati yang ada di Pantai Selatan Jawa, namun potensi keanekaragaman hayati tersebut, terutama yang ada di lingkungan pesisir dan laut, belum dapat terdokumentasi dengan baik. Hal ini menyebabkan kebijakan serta program dan kegiatan pengelolaan yang ada di Kabupaten Malang masih belum berjalan secara maksimal. Sehingga, dengan adanya inisiasi kolaborasi ini, diharapkan informasi mengenai potensi sumberdaya kelautan dan perikanan di Kabupaten Malang dapat menjadi panduan bagi kedua belah pihak untuk mengembangkan kawasan pesisir dan laut di Kabupaten Malang secara berkelanjutan. (UPT P2SKP Pondokdadap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here