Meningkatkan Kapasitas Petugas Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan, UPT P2SKP Pondokdadap Melakukan Sertifikasi Reef Check EcoDiver

0
127
Sertifikat Reef Check EcoDiver

Sebagai Unit Pelaksana Teknis dengan Tupoksi di bidang pengelolaan dan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan, UPT P2SKP Pondokdadap melaksanakan kegiatan sertifikasi Reef Check Ecodiver bagi petugas pengawasan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas petugas pelabuhan di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pengelola dan pengawas sumberdaya terumbu karang yang ada di kawasan pengelolaan UPT. Sebelumnya, UPT P2SKP Pondokdadap telah memiliki 9 petugas yang memiliki sertifikat selam dasar, dimana 5 diantaranya berlisensi Professional Association of Diving Instructor (PADI) Open Water Diver, dan 4 diantaranya berlisensi Association of Diving School (ADS) Open Water Diver.

Pelatihan Sertifikasi Reef Check EcoDiver
Pelatihan Sertifikasi Reef Check EcoDiver

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari kerja dimulai pada Senin (23/07) dan diikuti oleh 6 orang petugas UPT P2SKP Pondokdadap, dimana pada hari pertama dilaksanakan briefing dan perkenalan mengenai reef check ecodiver dan dasar – dasar ilmu yang diperlukan untuk menempuh tahapan yang lebih lanjut oleh pemateri yang berasal dari lembaga Reef Check Indonesia. Pada hari kedua, peserta diberi materi mengenai identifikasi jenis – jenis ikan, invertebrata air, dan substrat yang menjadi ilmu dasar di dalam kegiatan ini. Peserta juga diberi ujian untuk mengetahui seberapa besar pemahaman peserta di dalam mengenal ketiga parameter tersebut, terutama yang ada disekitarnya. Pelatihan ini kemudian dilanjutkan dengan simulasi pendataan kering (di darat) pada hari ketiga untuk melatih kebiasaan peserta untuk mendata ketiga parameter tersebut secara efisien. Pada hari ketiga, peserta juga diberikan materi lapang untuk mengatur keseimbangan di dalam air ketika melaksanakan pemantauan.

Materi Lapang di Dalam Air
Materi Lapang di Dalam Air

Pada hari keempat, peserta diberikan pelatihan mengenai pendataan parameter ikan, invetrebrata air, dan substrat sebagai kegiatan puncak dari pelatihan – pelatihan yang telah dilaksanakan pada hari sebelumnya. Kegiatan penyelaman ini dilaksanakan di Selat Sempu yang berdekatan dengan kantor UPT P2SKP Pondokdadap. Pada hari kelima, peserta diberikan evaluasi mengenai pelatihan, dan FGD tentang arah kelanjutan kegiatan sertifikasi ini di dalam mengelola sumberdaya terumbu karang yang ada di kawasan pengelolaan UPT. Acara ini kemudian ditutup dengan penyerahan sertifikat yang menandakan bahwa peserta telah resmi menjadi penyelam Reef Check Ecodiver. (UPT P2SKP Pondokdadap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here