Pelatihan Kemampuan Selam Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur

0
197
Pelatihan Selam

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur pada kesempatan ini mengadakan Pelatihan Selam di Pantai Pasir Putih Probolinggo yang diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari perwakilan UPT/Instalasi beserta perwakilan staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan selam bagi karyawan/karyawati Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Konservasi, Pendayagunaan Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil (KP4K) Lilia Widajatiningrum, S. Pi., MP. mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. “Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur harus memiliki kemampuan selam, dalam menunjang tugas pokok maupun tugas tambahan yang melekat pada masing – masing staf ” ungkapnya.

Teori Pelatihan Selam
Teori Pelatihan Selam

Kegiatan menyelam merupakan kegiatan bawah air yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan menggunakan atau tanpa peralatan dengan tujuan tertentu. Kegiatan ini telah lama dilakukan yaitu sejak 5000 tahun yang lalu. Penyelaman ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu berdasarkan kedalaman dan jenis alat yang digunakan. Berdasarkan kedalaman terdapat 3 macam penyelaman yaitu penyelaman dangkal (kedalaman dibawah 10 Meter), penyelaman sedang (kedalaman antara 10 – 30 meter) dan penyelaman dalam (kedalaman di atas 30 meter). Berdasarkan peralatan ada 2 yaitu Skin Diving dan Scuba Diving.

Praktek Menyiapkan Peralatan Selam
Praktek Menyiapkan Peralatan Selam

Pada kegiatan ini besar harapan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk bisa berkelanjutan sehingga dapat bermanfaat dalam menunjang tugas yang telah ada baik pada saat pengawasan maupun konservasi. (Bidang KPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here