Outlook Perkembangan Konsumsi Ikan Jawa Timur 2015 -2017

0
172

Ikan sebagai komoditas strategis telah menjadi ditetapkan menjadi bahan pangan pokok sesuai sesuai Peraturan Presiden No. 71 Tahun 2015. Ada tiga Kriteria untuk penentuan barang kebutuhan pokok antara lain 1. Alokasi Pengeluaran Rumah Tangga Tinggi, 2. Mempunyai Pengaruh terhadap Inflasi dan 3. Memiliki Kandungan Gizi. Kebutuhan ikan di Jawa Timur terus mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari tingkat konsumsi yang terus meningkat dari tahun ketahun.

Berikut grafik konsumsi ikan Provinsi Jawa Timur :

Sumber Data : Susenas BPS
Sumber Data : Susenas BPS

Konsumsi ikan di Jawa Timur meningkat dari tahun 2015 sebesar 29,50 kg/kapita/tahun di tahun 2016 menjadi 31,34 kg/kapita/tahun sedangkan di tahun 2017 kg/kapita/tahun meningkat menjadi 34,62 kg/kapita/tahun.

Peningkatan Konsumsi ikan ini tidak terlepas dari kinerja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Khususnya Bidang P3KP mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan melalui berbagai kegiatan disamping itu terus berupaya meningkatkan kualitas ikan pasca panen, melalui pemberian bantuan Trays, Coolbox dan Freezer untuk tempat menampung hasil pasca panen, memberikan pelatihan terkait diversifikasi produk termasuk pemberian bantuan peralatan pengolahan produk perikanan, serta membantu membuka dan memperluas akses pasar melalui kegiatan pameran, bazar dan lain-lain.

Disamping itu, dalam menjaga komitmen untuk menstandarisasi produk Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur juga menjalin kerjasama dengan lembaga lain untuk pengurusan sertifikat Merk Dagang (MD), PiRT dan Halal. (Bidang P3KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here