Budidaya Ikan Di SMKN 3 Krian Kabupaten Sidoarjo

0
267

Budidaya Ikan merupakan salah satu usaha di sektor perikanan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Kurangnya wawasan dan ketrampilan dalam berbudidaya ikan menyebabkan berkurangya minat masyarakat untuk memulai usaha budidaya ikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya kegiatan sosialisasi sebagai bentuk transfer teknologi kepada masyarakat. Kegiatan sosialisasi budidaya ikan tidak hanya untuk pembudidaya atau pelaku perikanan tetapi dapat diberikan kepada tenaga pendidik disekolah, dengan harapan apabila tenaga pendidik mampu melakukan budidaya ikan,`maka dapat dijadikan sebagai percontohan kegiatan budidaya ikan yang baik dan benar kepada siswa didik sehingga menumbuhkan motivasi serta minat kepada siswa didik berkaitan dengan budidaya ikan.

Pemberian materi kepada peserta sosialisasi budidaya ikan nila
Pemberian materi kepada peserta sosialisasi budidaya ikan nila

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT PTPBP2KP Kepanjen menyelanggarakan kegiatan pertemuan dalam rangka sosialisasi budidaya ikan di SMK Negeri 3 Krian Kabupaten Sidoarjo. Tersedianya fasilitas kolam tanah dan semi beton di SMKN 3 Krian mendukung untuk dilakukan kegiatan budidaya ikan air tawar.

Penyerahan bantuan benih ikan dan penebaran di kolam (lingkungan sekolah)
Penyerahan bantuan benih ikan dan penebaran di kolam (lingkungan sekolah)

Pertemuan dalam rangka sosialisasi budidaya ikan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2018. Peserta pertemuan sebanyak 15 orang merupakan tenaga pendidik di SMKN 3 Krian. Materi yang disampaikan dalam kegiatan pertemuan adalah Teknologi Budidaya ikan Nila. Kegiatan Pertemuan dalam rangka sosialisasi budidaya ikan dibuka oleh Kepala Seksi Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya UPT PTPBP2KP Kepanjen, Bapak Ir. Nur Andriono, MT dan Kepala Sekolah SMKN 3 Krian, selaku Instruktur Ibu Fransisca Novi C, S.Pi. Selain pemberian materi juga diperbantukan benih ikan nila sebanyak 5.000 ekor beserta pakan dan peralalatan budidaya, sebagai bentuk pengaplikasian teknologi budidaya ikan nila sesuai dengan arahan yang telah diberikan ketika kegiatan Pertemuan. (uptptpbkepanjen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here