Sosialisasi Pengelolaaan Kawasan Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur

0
93
Pemaparan materi oleh perwakilan Konsorsium Mitra Bahari (KMB) di Pulau Gili Raja

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur bersama dengan Konsorsium Mitra Bahari pada kesempatan ini mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kawasan Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil. Kegiatan ini dilakukan di Pulau Gili Raja Kabupaten Sumenep dan Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo dan diikuti oleh 50 orang masyarakat yang ada di pulau tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui potensi – potensi yang ada di wilayah kepulauan guna meningkatkan ekonomi masyarakat kepulauan.

Diskusi Bersama masyarakat di Pulau Gili Raja
Diskusi Bersama masyarakat di Pulau Gili Raja

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Konservasi, Pendayagunaan Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil (KP4K) Lilia Widajatiningrum, S. Pi., MP. mengungkapkan kegiatan sosialisasi ini berperan penting dalam mengetahui potensi – potensi yang ada di wilayah kepulauan. “wilayah kepulauan ini sangat besar potensi nya sehingga perlu dikembangkan dari berbagai sektor baik pariwisata maupun produk – produk lokal yang ada di wilayah kepulauan” ungkapnya.

Pemaparan materi oleh ibu Lilia Widajatiningrum, S. Pi., M. P di Pulau Gili Ketapang
Pemaparan materi oleh ibu Lilia Widajatiningrum, S. Pi., M. P di Pulau Gili Ketapang

Konsorsium Mitra Bahari yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Didiek Trisbiantoro, MP mengungkapkan bahwa Pengembangan kawasan pesisir dan pulau – pulau kecil yang berusaha dibangun mengacu pada prinsip keterpaduan antara kepentingan ekonomi dan kepentingan ekologi. Hal ini diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat tetap memperhatikan kaidah – kaidah konservasi lingkungan dan Sumber Daya Alam sehingga tetap memenuhi kondisi keberlanjutan ekonomi, keberlanjutan social dan keberlanjutan ekologi” imbuhnya. Apablia dalam pengembangan wilayah pesisir dan pulau – pulau kecil ini tidak memperhatikan aspek ekologi dan aspek ekonomi akan menyebabkan degradasi ekosistem, abrasi pantai, penurunan keanekaragaman hayati, pencemaran, sedimentasi, sampah terang Ir. Sukandar, MP. “Berbagai dampak yang ditimbulkan dapat diatasi dengan cara pengembangan daerah pengembangan laut, perbaikan ekosistem terumbu karang melalui terumbu karang buatan, pemulihan sepadan pantai melalui penanaman mangrove dan vegatasi pantai lainnya, pengembangan mata pencaharian masyarakat berbasis konservasi” imbuhnya.

Diskusi bersama masyarakat Pulau Gili Ketapang
Diskusi bersama masyarakat Pulau Gili Ketapang

Besar harapan kegiatan ini dapat berkelanjutan dalam upaya-upaya pengembangan wilayah pesisir dan pulau – pulau kecil sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat wilayah kepulauan. (Bidang KPP)