Pengujian Salmonella sp. Secara Cepat

Apakah Salmonella  itu ? Salmonella adalah salah satu jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia atau biasa disebut bakteri patogen, berbentuk batang dengan ukuran 1-3,5 µm x 0,5-0,8 µm.  Bakteri ini dapat hidup didalam air, es, debu, sampah, usus manusia dan hewan berdarah panas, bahkan didalam makanan baik yang telah dimasak, beku ataupun tidak langsung dimakan. Salmonella juga hidup di hasil peternakan seperti daging ayam, telur mentah, susu,dll.

Salmonella dalam media XLD
Salmonella dalam media XLD

Berdasarkan Lignieres (1900) dan NSRL (2004), klasifikasi Salmonella adalah sebagai berikut : Ordo Enterobacteriales, Family Enterobacteriaceae, Genus Salmonella, Spesies 1. bongori dan 2. enterica. Untuk spesies enterica  terdiri dari 6 sub spesies , yaitu enterica, salamae, arizonae, diarizonae, houtenae dan indica.

Salmonella dapat menyebabkan infeksi pada lambung dan usus atau  biasa disebut gastroenteritis sehingga menjadi mual, muntah, diare, kram perut, atau terkadang demam. Selain infeksi tersebut Salmonella juga dapat menyebabkan demam tifoid yang biasanya disebut tifus.

Sesuai Food safety, Baku mutu untuk semua produk pangan khususnya perikanan baik SNI maupun internasional seperti FDA (Amerika Serikat), EC (Uni Eropa), Jepang dan lain-lain mewajibkan hasil negatif Salmonella.

Jenis pengujian Salmonella  di UPT.PMP2KP Surabaya sesuai ruang lingkup dalam sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025 menggunakan metode SNI/ISO 6579:2015. Seiring dengan tuntutan pelanggan yang menginginkan hasil uji dengan waktu yang cepat maka laboratorium pengujian UPT.PMP2KP Surabaya selain dengan metode SNIjuga dapat melakukan  dengan metode cepat yaitu menggunakan metode Real Time-PCR dan Immunoassay, dengan status tervalidasi.

Salmonella dalam media XLD
Pengujian Salmonella dengan metode immunoassay

Waktu pengujian dapat menjadi lebih singkat menjadi hanya 2 hari  dengan metode RT-PCR dan 3 hari dengan metode Immunoassay dibandingkan dengan metode SNI yang memerlukan waktu 3-5 hari.

Selain singkat, metode cepat ini  juga memiliki kelebihan yaitu penggunaan ELFA (Enzyme Linked Fluorescent Assay) Phage dan teknologi konsentrasi immuno sehingga metode ini tidak memiliki risiko carryover (efek sisa/tidak mengkontaminasi analis).

Salmonella dalam media XLD
Pengujian Salmonella dengan metode Real-Time PCR

Melayani dengan cepat, tepat dan akurat adalah tujuan Laboratorium Penguji UPT.PMP2KP Surabaya yang telah terakreditasi dengan Nomor LP-088-IDN sehingga berbagai inovasi dalam pelayanan terutama pengujian akan terus dikembangkan untuk kepuasan pelanggan. Adapun permohonan pengujian dapat mengakses di alamat website : pmp2kp-lejuki.dkp.jatimprov.go.id/login

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here