Workshop Implementasi SAKIP Tahun 2019

Untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari bertempat di Klub Bunga Hotel & Resort Kota Batu yang diikuti oleh peserta dari Kab/Kota yang membidangi Perikanan se Jawa Timur, Sekretariat, Bidang, Cabang Dinas dan UPT lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Hadir sebagai narasumber Kepala Bagian Administrasi dan Pelaporan Kemenpan RI Aan Syaiful Ambia SE, Kepala Bagian Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Setda Prov. Jawa Timur Drs. Muhibin, SH, M.Si, Kepala Bagian Pengelolaan Kinerja Biro Perencanaan KKP Irwan Fakhry, S.Pi dan Bappeda Prov. Jatim Akega Hudrie Armawan, SE.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur saat membuka Workshop menjelaskan, kegiatan, Workshop Implementasi SAKIP Tahun 2019 sebagai bentuk komitmen Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yang turut mewujudkan pemerintahan yang akuntabel serta sebagai upaya untuk mewujudkan aparatur yang profesional dalam melaksanakan program pembangunan kelautan dan perikanan di Jawa Timur demi kesejahteraan masyarakat.

Sambutan Kadis
Sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jatim

“Dengan pembinaan oleh TIM SAKIP Provinsi Jawa Timur dan Kementerian PAN RB serta percontohan dari Kementerian KP, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur terus berupaya untuk melakukan perbaikan sistem tata kelola birokrasi menggunakan terobosan dan inovasi serta konsisten dalam mengimplentasikan asakip” terangnya.

Sementara itu Aan Syaiful Ambia dalam materinya menjelaskan bahwa arti nilai Akuntabilitas Kinerja mengidentifikasi kemampuan instansi pemerintah untuk merencanakan kinerja dan target kinerja, menyelaraskan apa yang dianggarkan dengan apa yang direncanakan, menyesuaikan apa yang dilaksanakan dengan apa yang dianggarkan serta telah melaporkan capaian kinerja selaras dengan apa yang telah dilakasanakan dan direncanakan.

Pemaparan Materi
Pemaparan Materi dari Kementerian PAN RB

Biro Perencanaan KKP Irwan Fakhry ,S.Pi menyampaikan bahwa Implementasi Pengelolaan SAKIP KKP menggunakan metode Implementasi Balanced Score Card (BSC). BSC menjadi tools manajemen kinerja yang ringkas, efisiensi,mudah diintegrasikan dengan sistem perencanaan pembangunan nasional dan proses horizontal aligment dapat mencegah terjadinya tumpang tindih kinerja anatar unit kerja/individu.

Pemaparan Materi
Pemaparan Materi dari Biro Organisasi dan KKP

Pada kesempatan ini juga telah diserahkan penghargaan SAKIP terbaik kepada 3 (tiga) unit kerja lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur yaitu UPT PPP Muncar Banyuwangi, UPT Kesehatan lingkungan Pasuruan, dan UPT PPP Bulu Tuban. Dilanjutkan Penandatanganan dan penyerahan secara simbolis perjanjian Kinerja eselon III kepada eselon II.Sekaligus penyerahan secara simbolis Perjanjian kinerja Eselon II dan LKIJP Tahun 2019 kepada Biro Organisasi.(Sekretariat)

Penyerahan
Penghargaan Unit Kerja dengan SAKIP Terbaik dan Penyerahan Perjanjian Kinerja Kepada Biro Organisasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here