Gresik Kawal Ikan Bandeng Untuk Tembus Pasar Mancanegara

0
366
Pemaparan Materi Standar Produk Perikanan

Kabupaten Gresik memiliki hasil produksi ikan bandeng (Chanos chanos) segar yang berlimpah dan juga terkenal dengan berbagai macam olahannya. “Gambaran mengenai potensi ikan bandeng sangat prospektif sehingga pasar luar negeri banyak yang berminat. Berharap Gresik meningkatkan usaha ikan bandeng terutama ikan segar”. Demikian Ir. Josaphat R. Prakosa, owner PT. Ocean Mega Persada, menegaskan dukungannya pada saat sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan di Kabupaten Gresik yang diselenggarakan oleh Bidang Pengolahan Pemasaran Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri atas pembudidaya ikan, pengolah produk ikan komoditas ikan bandeng, supplier ikan segar dan penyuluh perikanan. Kegiatan diselenggarakan di Gedung Putri Mijil, Pendopo Gresik.

Secara umum ikan bandeng atau milk fish dapat dijadikan berbagai macam olahan (value added) seperti untuk konsumsi dan umpan. Menurut Pak Yos, panggilan akrab Josaphat R. Prakosa, bahwa pada tahun 2019 trend ikan bandeng segar yang dibutuhkan oleh pasar mancanegara adalah ukuran kecil seperti permintaan dari Korea dengan bobot 1 Kg, komposisi ikan yang proporsional sejumlah 3-5 ekor. “Lebih bagus lagi bila pembudidaya sudah memiliki sertifikat CPIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik) maka akan lebih dipilih dan diminati pasar mancanegara,” tambahnya.

Peserta aktif bertanya pada saat diskusi berlangsung terutama mengenai topik kemitraan

Produksi ikan segar Gresik didominasi ikan bandeng yang mencapai angka 88.410 ton (Data Dinas Kabupaten Gresik tahun 2018). “Sebanyak 10-12% diolah oleh UMKM kabupaten Gresik menjadi olahan presto, asap dan otak-otak ikan bandeng “ papar Drs. Choirul Anam, MM, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik. Peserta kegiatan sosialisasi mendapat materi tentang Kemitraan Hulu Hilir Produk Perikanan oleh Ir. Agus Tumulyadi, Dosen FPIK UB. Juga Kebijakan Kegiatan Pengolahan dan Pemasaran di Kabupaten Gresik dan KUSUKA oleh Dinas Perikanan Kabupaten Gresik. Serta Potensi dan Standar Produk Perikanan yang dipersyaratkan di Pasar Global (khususnya ikan bandeng) oleh PT.Ocean Mega Persada dan Dukungan Program Kemitraan dan Permodalan LPMUKP terhadap Usaha Kelautan dan Perikanan oleh Lembaga Pengelolaan Modal Usaha Kelautan dan Perikanan. (Bidang P3KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here