Pelepasan 113.000 Benur Lobster di UPT PPP Tamperan

Potensi penyelundupan Benur Lobster melatarbelakangi ketegasan Menteri KKP Susi Pudjiastuti dalam penerbitan Permen-KP 2016 Nomor 56 tentang Larangan Penangkapan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting dan Rajungan. Hal hal ini berdampak positif pada keberanian Bea Cukai Bandara Internasional Juanda Surabaya dalam melakukan pengamanan 113.000 Benur Lobster yang akan diselundupkan ke Singapura pada 24 Juni 2019. Keputusan tersebut berujung pada penebarliaran Benur Lobster pada habitat semula yakni dilaut lepas.

Dari peraturan tersebut, harapan pentingnya adalah kesadaran seluruh masyarakat akan pelestarian Sumber Daya Bahari, pendisiplinan penangkapan kekayaan laut serta kemauan untuk mengenal biota dilindungi penuh dan dilindungi terbatas, sehingga semua pihak dapat lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan laut dan kehidupan adalah kesimbangan jadi seluruh pihak harus menjaga untuk terus diwariskan pada generasi mendatang.

Atas arahan menteri KKP melalui kepala BKIPM lokasi penebarliaran berada pada koordinat 08° 13’. 057” LS dan 111° 12’. 098” BT tepatnya di perairan Dadapan Kabupaten Pacitan. Kepala UPT PPP Tamperan Ninik Setyorini menyampaikan syukur perairan Tamperan menjadi salah satu pilihan penebaran dengan alasan bersih dan bebas dari penangkapan. “Kita tebar sedikit ke tengah karena kalau di pinggir masih terbawa ombak ke pantai dan semoga dapat berkembang biak,” tuturnya disela proses penebaran di atas Kapal Patroli Todak 02 Dinas Kelautan dan Perikanan Proivinsi Jawa Timur.

Penebaran di perairan Tamperan tesebut, dilakukan oleh Badan Karantina Juanda bersama UPT PPP Tamperan, Jatim I KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda, Satwas PSDKP Trenggalek, Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan, Polairut dan AL Pacitan serta Syahbandar dan penyuluh perikanan Pacitan. “Ini adalah bentuk kepedulian terhadap sumber daya bahari kita. Sebagai warisan untuk generasi bangsa,” tutur Muhlin Kepala Balai KIPM Surabaya I. (UPT PPP Tamperan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here