Cakalang – Tuna, Primadona PPP Tamperan

Cakalang dan Tuna menjadi tangkapan dominan nelayan Tamperan pada pertengahan tahun 2019 ini. Kabar gembiranya hal tersebut tidak membuat harga 2 komoditi ikan menurun drastis, bahkan beberapa pedagang ikan mengatakan harga Tuna tidak bergerak dan cakalang mengalami penurunan kecil.

Dari total 5-7 palka perolehan kapal pursesine dengan etimasi tidak kurang dari 15 ton hampir 11 Ton cakalang dan tuna. Nelayan lokal serta ABK Kapal besar merasa sangat perlu mensyukuri hal ini. “Biasanya kalau ikan banyak harga turun tetapi saat ini normal saja, jadi kita bisa ikut menikmati musim panen ini,” tandas Budi salah satu pemanol kapal.

Naiknya produksi pertengahan tahun ini juga berdampak pada naiknya ekonomi masyarakat nelayan. “Seperti sudah direncanakan, waktunya daftarin anak sekolah pas harga ikan stabil,” tutur Wiyono. Sebagai pedagang yang mengambil langsung dari bakul gudang, pihaknya merasa harga saat ini sangat berpihak sehingga tidak perlu mempermainkan harga lagi.

Sebagai komoditi lauk yang mudah didapat serta banyak kandungan kesehatanya ikan masih menjadi primadona rumah tangga. Sebagian besar masyarakat pesisir akan mengkonsumsi ikan laut setiap hari. Baik untuk olahan rumahan ataupun sebagai menu warung atau dijual sebagai olahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here