Ikan Asap Trademark Kabupaten Tuban

0
168

“Kabupaten Tuban ingin tingkatkan centra oleh-oleh khususnya ikan asap. Upaya peningkatan ekonomi Kabupaten Tuban dapat disokong dengan peluang usaha ikan asap”.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan Komoditas Ikan Asap di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang peserta antara lain poklahsar, UMKM perikanan, toko oleh-oleh, catering, restoran, penyuluh perikanan, pengelola plaza ikan Tuban, dan pengelola pantai kelapa. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi mengenai konsep penguatan dan permodalan usaha. “Segmen penjualan ikan asap harus dipilih untuk teritori tertentu dan membentuk tim yang solid yang paham pada area tersebut.” Informasi ini disampaikan oleh narasumber dari toko oleh-oleh Hanik. Pengoptimalan potensi ikan asap supaya tersebar luas ialah fokus pada kualitas dan standarisasi kemasan. Selain itu tips yang diberikan kepada para peserta yang hadir agar produk dapat tembus retailer antara lain: tidak mengandung bahan kimia, target teritori pemasaran, tergabung dalam komunitas bisnis di daerah, dan inovasi produk. Hasil dari kegiatan ini antara lain terbentuk MoU atau nota kesepahaman mengenai penyediaan bahan baku dan fasilitas pemasaran.

Arahan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Dr. Ir Amenan, MT dalam kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan Komoditas Ikan Asap menyampaikan bahwasanya di Kabupaten Tuban terdapat 383 unit UKM dan dapat memperkuat kemitraan antara pedagang melalui asosiasi pedagang ikan. Ragam peluang usaha ikan asap ini berbahan baku ikan dengan jenis yang beragam. Di daerah Soko dan Rengel memiliki ciri khas ikan asap komoditas ikan lele (Clarias batrachus) sedangkan di pusat Tuban seperti daerah Karangsari atau disepanjang pesisir Tuban memiliki ciri khas ikan asap dengan komoditas antara lain ikan tongkol (Euthynnus affinis), ikan tengiri (Scomberomorus pluimerii), ikan barakuda (Sphyraena jello), dorang, bawal, cumi-cumi, udang dan bekutak. Masyarakat kabupaten Tuban memiliki minat yang tinggi untuk berwirausaha ikan asap. “Minat masyarakat tersebut untuk berwirausaha setiap hari mengalami kenaikan atau bertambah banyak” tambah Dr. Ir. Amenan, MT. Upaya pemerintah kabupaten Tuban untuk mendukung kegiatan masyarakat yaitu memfasilitasi kegiatan dengan dibangun plaza ikan. Diharapkan antar pedagang ikan asap atau asosiasi pedagang ikan asap di kabupaten Tuban semakin kompak sehingga dapat memperluas jaringan kemitraan.

Penandatanganan MoU atau nota kesepahaman mengenai penyediaan bahan baku
Foto bersama diakhir kegiatan antara peserta dan narasumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here