Jember Fokus Perkuat Kemitraan Antar UMKM

0
101

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan Komoditas Olahan Produk Ikan Tuna dan Lele di Kabupaten Jember. Tujuan dari kegiatan ini yang disampaikan oleh Kasie Investasi dan Usaha, Subekti, SPi, MS ialah mendorong tumbuhnya peluang pengembangan usaha melalui pola kemitraan antar pelaku usaha kelautan dan perikanan. Peserta yang hadir sejumlah 100 orang antara lain dari pengolah produk ikan berbasis daging ikan tuna dan lele, pembudidaya ikan lele, supplier ikan segar, toko oleh-oleh, cold storage, perusahaan pengguna produk olahan ikan, penyuluh perikanan dan retailer. “Networking is an asset” tercetus kiasan ini oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jember, Bapak Drs. Murtadlo, MSi pada saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan Komoditas Olahan Produk Ikan Tuna dan Lele di Kabupaten Jember. Selain itu juga disampaikan bahwasanya kegiatan ini bagus digelar sehingga dapat mendukung antar UMKM yang ada di Kabupaten Jember, terutama mempertemukan pelaku usaha hulu hingga hilir dan menghadirkan penyedia dari bahan baku, pengolah hingga end user.

Sosialisasi Kemitraan dan Akses Permodalan Komoditas Olahan Produk Ikan Tuna dan Lele di Kabupaten Jember ini menghasilkan 14 MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman. Pelaksanaan MoU ini bertujuan untuk saling mendukung juga memperat kemitraan yang belum atau akan terjalin antar UKM. Nota kesepahaman tersebut antara lain mengenai fasilitasi penyimpanan (cold storage), penyediaan bahan baku produk perikanan hingga perluasan networking usaha. Salah satu MoU yang terwujud yaitu salah satunya antara UKM Aulia dan Ikan Sambel Echow dan Politeknik Negeri Jember mengenai fasilitasi penyimpanan (cold storage). Politeknik Negeri Jember melalui Mokhamad Fatoni K, STP, MP, narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa akademisi siap membantu terhadap terobosan inovasi yang dapat mengembangkan produk UKM Kelautan dan Perikanan dan dalam penyediaan fasilitas rantai dingin bahan baku olahan ikan.

Poklahsar JeKa Fish and Food melalui Yossie Ermawan, SE menyampaikan bahwa pondasi dalam ragam peluang usaha produk olahan ikan di Jember antara lain 1) penguasaan produk 2) penguasaan pasar dengan kontinuitas bahan baku. Kegiatan ini sangat dimanfaatkan betul baik dari kalangan peserta dan narasumber untuk menyerap informasi.

Salah satu MoU mengenai fasilitasi penyimpanan cold storage antara UMKM dan Politeknik Negeri Jember
Foto bersama dengan para narasumber dan peserta yang hadir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here