Nelayan Pintar di Era Digital

1
14

Percepatan kemajuan teknologi berdampak pada arus industri yang merata, sehingga menjadi hal lumrah jika masyarakat kini melek Gedget. Sejak 2008 secara resmi Android diluncurkan saat itu pula masyarakat mulai melakukan komunikasi menggunkan aplikasi berbasis android. Bahkan pada tahun yang sama UU Keterbukaan Informasi Publik juga berkembang, masyarakat dengan mudah berselancar di Dunia maya.

Penggunaan Gedget dan teknologi canggih juga telah dilakukan Nelayan UPT PPP Tamperan. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya informasi via Whataaps, Facebook, serta media social yang lain. Dampak positifnya adalah kemudahan nelayan dalam mengaplikasikan berbagai terobosan digital yang dilakukan Kementerian dan Dinas Kelautan. Era Wulandari Kepala Seksi Tata Operasional PPN Prigi yang berekesempatan hadir di UPT PPP Tamperan pada 26/08/19 dalam sosialisasi Informasi Nelayan Pintar sebagai pemateri memberikan pemahaman tentang dampak positif pemanfaatan Gadget.

“Karena Nelayan harus mempunyai aplikasi ini, bisa di download dan bisa di instal di hape masing-masing, kemudian disana seluruh nelayan dapat memperoleh informasi cuaca, daeran penangkapan ikan, koordinat berlayar, dapat juga mengaktifkan kompas penunjuk arah dan masih banyak lagi,” tutur Era.

Seluruh nelayan Pantai Tamperan antusias, hal itu menandakan para nelayan siap menjadi nelayan pintar. Widodo salah satu ABK mendapat aplose dikarenakan telah memiliki aplikasi tersebut sebelum ada sosialisasi di Tamperan. Pihaknya mengatakan dapat informasi splikasi dari membaca berita.

“Sudah tau dan sudah instal aplikasinya, tetapi belum sepenuhnya memakai karena harus log in, setelah diarahkan bu Era saya sekarang paham bagaimana pemakainanya,” tandas Widodo. Selanjutnya Aplikasi pintar yang dapat diunduh melalui PLaystore tersebut diharapkan Era dapat dimiliki seluruh nelayan. Sehingga nelayan tidak lagi melaut tanpa hasil. Karena cuaca dan daerah penangkapan sudah jelas dapat dipelajari dan diketahui jauh sebelum melaut. (UPT PPP Tamperan)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here