Festival Petik Laut di Pantai Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar

0
57
Festival Petik Laut di Pantai Tambakrejo Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar

Festival Petik Laut di Pantai Tambakrejo merupakan suatu tradisi yang diadakan setiap tahunnya dan dilaksanakan pada bulan Muharram. Acara ini diselenggarakan oleh forum KUB Nelayan Tambakrejo pada Minggu, 15 September 2019 di Pantai Tambakrejo Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, turut dihadiri oleh Bupati Blitar, Kepala Bidang Kenelayanan DKP Provinsi Jawa Timur, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Muspika Kecamatan Wonotirto, nelayan serta warga Desa Tambakrejo.

Tumpeng Raksasa dalam Acara Petik Laut Tambakrejo

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Panitia Penyelenggara Bapak H. Tekad, beliau menyampaikan bahwa kegiatan petik laut dan larung sesaji yang dilaksanakan oleh masyarakat nelayan Tambakrejo merupakan wujud syukur terhadap hasil laut yang melimpah. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Blitar beserta jajarannya yang telah menghadiri Festival Petik Laut Tambakrejo.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar juga menyampaikan bahwa kegiatan petik laut ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat nelayan Desa Tambakrejo dan sangat berdampak positif bagi masyarakat dimana dengan adanya kegiatan rutin ini dapat mengenalkan tradisi lokal yang dimiliki oleh masyarakat pesisir Pantai Tambakrejo.

Selanjutnya sambutan terakhir disampaikan oleh Bupati Blitar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Kegiatan petik laut ini merupakan kegiatan positif dalam rangka nguri-uri budaya Jawa. Kegiatan ini mengingatkan saya sebelum menjadi Bupati, dimana saya biasanya selama 3 hari bersama masyarakat Tambakrejo membuat tumpeng raksasa, namun tumpeng tersebut roboh karena kami belum memahami teknik pembuatan tumpeng raksasa. Untuk mendukung perekonomian masyarakat Tambakrejo, sudah saya instruksikan Dinas PU untuk melaksanakan perbaikan akses jalan manuju Desa Tambakrejo. Rencananya akses jalan dari Kademangan menuju Tambakrejo akan dirubah menjadi jalan beton. Akan tetapi untuk sementara ini Dinas PU sedang fokus dalam pembangunan JLS, jika JLS sudah terhubung maka akan memudahkan akses jalan wisatawan dan harapannya akan mendongkrak perekonomian masyarakat Tambakrejo baik dalam sektor perikanan maupun pariwisata”.

Tumpeng Raksasa Akan Dinaikkan Di Atas Kapal

Acara ditutup dengan kegiatan larung sesaji di Pantai Tambakrejo yang diikuti oleh Bupati Blitar, perwakilan dari masing-masing instansi, warga serta nelayan Tambakrejo. Diharapkan dengan adanya kegiatan petik laut ini dapat meningkatkan rasa syukur dan meningkatkan kekeluargaan bagi masyarakat nelayan Tambakrejo yang telah bekerjasama bahu-membahu mempersiapkan dan menyukseskan Festival Petik Laut Pantai Tambakrejo. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here