KEGIATAN PENGAMBILAN SAMPEL DAN PENGUJIAN SWABBING

0
146

Swab adalah teknik pengambilan contoh dengan cara mengusapkan kapas pengusap steril (sterile cotton swab) pada permukaan ikan atau peralatan pengolahan dengan luas area tertentu.

Swab test memiliki keunggulan yaitu kontaminan yang terdeteksi menandakan bahwa pembersihan kurang cukup, sehingga memerlukan pembersihan ulang. Selama ini pengguna uji swab adalah para pelaku usaha perikanan

Jenis – jenis metode swab antara lain :

  1. Swab personal adalah suatu uji untuk mengetahui kondisi sanitasi dan higiene karyawan yang menangani produk ( tangan, atribut kerja seperti baju proses, apron, sarung tangan).
  2. Swab peralatan kerja adalah suatu uji untuk mengetahui kondisi sanitasi dan hiegene peralatan yang digunakan untuk proses produksi ( seperti kranjang, box fiber, meja, telenan, longpan, layer, tutup inner).
  3. Swab udara adalah suatu uji untuk mengetahui kondisi sanitasi dan higiene lingkungan  proses produksi ( untuk lingkungan yang ada didalam ruang produksi ).

Sarana yang digunakan pengambilan sampel swab diantaranya adalah :

– Kapas pengusap (cotton swab)

– Botol pengencer / tabung reaksi – Alat untuk membantu menetapkan luas area dengan daerah usapan 100 cm2 .

Beberapa parameter uji dalam pengujian swab antara lain : Total Plate Count (TPC), Coliform, Escherichia coli, Staphylococcus aureus.

Untuk pelaporan hasil uji swab berdasarkan SNI 2332.8:2010 adalah dinyatakan jumlah bakteri per 100 cm2, namun untuk nilai maksimal yang bisa ditolerir dari masing-masing bakteri masih belum ada literatur yang menyebutkan, sehingga uji swab ini merupakan kewaspadaan apabila bakteri yang terdeteksi jumlahnya banyak berarti tingkat kebersihannya perlu ditingkatkan.

Dengan diketahuinya nilai pada hasil uji swab ini diharapkan kebersihan pada sarana produksi dapat dijaga untuk mencegah pertumbuhan mikroba di area lingkungan produksi, sehingga mampu memberikan hasil produksi yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here