Pelepasan Tukik di Pantai Taman Kilikili Kabupaten Trenggalek

0
128

Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar melakukan kegiatan pelepasan tukik di Pantai Taman Kilikili Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek bersama Perangkat Desa Wonocoyo serta Pokmaswas Taman Kilikili (05/11). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dalam melestarikan penyu dan mengembalikan penyu ke habitat aslinya yang diharapkan nantinya dapat tumbuh dan berkembang biak secara alami.

Tukik yang dilepas berasal dari hasil penetasan Konservasi Penyu Taman Kilikili Trenggalek yang didukung oleh Pemerintah Desa Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek. Sebanyak 12 tukik berjenis Lekang (Lapidochelys olivacea) dilepas di Pantai Taman Kilikili pada pukul 12.00 WIB. Penyu merupakan salah satu biota laut yang dilindungi dan terancam punah.

“Dalam merintis pembangunan kawasan konservasi penyu dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian penyu tidaklah mudah. Tingginya pendapatan dari perdagangan penyu menjadikan hal ini sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat. Pemerintah Desa Wonocoyo dibantu oleh BPD, Pokmaswas, Camat, Polisi dan Tentara setempat bekerja sama dalam upaya perlindungan penyu hingga dikeluarkannya Peraturan Desa Nomor 3 tahun 2014 tentang Kawasan Konservasi Penyu, sehingga saat ini kegiatan perdagangan daging dan telur penyu lambat laun mulai berkurang serta kesadaran warga Desa Wonocoyo untuk turut melestarikannya menjadi meningkat.” ujar Sekdes Wonocoyo. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here