Sosialisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

0
213

Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah sosilaisasi internal terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Reformasi Birokrasi adalah suatu Upaya dari pemerintah untuk mencapai Good Governance serta melakukan pembaharuan-pembaharuan dan perubahan-perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business proses) dan sumber daya manusia (Aparatur).

Reformasi birokrasi merupakan langkah awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional. Konsep ini sudah ada sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program hal reformasi birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Sasaran dari dilakukannya Reformasi Birokrasi agar terciptanya pelayanan publik yang berkualitas, bersih dari KKN dan meningkatkan kapasitas & Akuntabilitas Kinerja, Reformasi Birokrasi terdiri dari 8 Area Perubahan yakni:

  • Area 1: Manajemen Perubahan
  • Area 2: Penataan Peraturan Perundang-undangan
  • Area 3: Penataan dan Penguatan Organisasi
  • Area 4: Penataan Tatalaksana
  • Area 5: Penataan Sistem Manajemen SDM
  • Area 6: Penguatan Akuntabilitas
  • Area 7: Penguatan Pengawasan
  • Area 8: Pengingkatan Kualitas Pelayanan Publik

Faktor yang menjadi kunci dari keberhasilan Reformasi Birokrasi ini adalah adanya sebuah Komitmen dari seluruh level manajemen, peningkatan serta pencapaian target yang berkesinambungan, perbaikan / evaluasi yang dilakukan secara terus menerus dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang dilakukan secara konsisten.

Langkah-langkah dari Pelaksanaan Reformasi Birokrasi adalah sebagai berikut :

  1. Mendapatkan Komitmen pimpinan yang kuat;
  2. Melibatkan seluruh pegawai lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jawa Timur dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi;
  3. Membentuk Tim Reformasi Birokrasi;
  4. Menetapkan Road Map Reformasi Birokrasi;
  5. Menerapkan Rencana Aksi Reformasi Birokrasi;
  6. Menginformasikan upaya dan hasil secara berkala;
  7. Melaksanakan Monitoring dan evaluasi secara berkala;
  8. Menindaklanjuti hasil dari Monev.

Kebersihan Kantor, kebersihan ruang kerja masing-masing bagian harus tetap diperhatikan, dan budaya kerja harus tetap dilaksanakan. Kepada Seluruh pegawai agar menjadi perhatian dimana akan ditunjuk menjadi Role Mode, mari berlomba secara sehat untuk menjadi role mode tersebut. (Sekretariat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here