Sekolah Pantai Bagi Generasi Muda di Pantai E-Kasoghi, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep

0
460

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur kembali mengadakan kegiatan Sekolah Pantai bagi Generasi Muda yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 April 2021 dengan tema “Pengelolaan Potensi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan” bertempat di Pantai E-Kasoghi, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Tujuan dilakukan kegiatan Sekolah Pantai bagi Generasi Muda adalah agar generasi muda yang ada di wilayah pesisir tersebut lebih peka terhadap peranan ekosistem pesisir dan laut serta mampu mengatasi permasalahan yang terjadi dan mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Acara di hadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari generasi muda sekitar Pantai E-Kasoghi, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Pelaksanaan acara dibagi kedalam 2 sesi, yang mana persesi terdiri dari 30 orang peserta, yaitu sesi pertama pukul 08.00 – 11.30 dan sesi kedua yaitu pukul 13.00 – 16.00. Pembagian sesi ini dilakukan dengan mempertimbangkan kegiatan dilakukan pada bulan Ramadhan serta untuk melaksanakan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Rangkaian acara kegiatan Sekolah Pantai bagi Generasi Muda di Kab. Sumenep di isi oleh 2 narasumber yang terdiri dari:
1. Bapak Awalrush Andira, S.Pi., MMA, Kepala seksi Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur
2. Bapak Edie Ferrydianto, S.Pi, MM, Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep.

Sambutan Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pengawasan (Ibu. Ir. Pratiwi Sulistyani, MM)

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara kegiatan sekolah pantai di Pantai E-Kasoghi, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep Tahun 2021, Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pengawasan (Ibu Ir. Pratiwi Sulistyani, MM) mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyampaikan salah satu tujuan dari kegiatan sekolah pantai ini agar generasi muda (pemuda-pemudi) yang berada di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ketangguhan Generasi Muda (masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil) tentang pengelolaan sumber daya ekosistem lingkungan yang bersih, lestari dan berkelanjutan.

Materi yang disampaikan oleh para narasumber meliputi tentang sekolah pantai, ekosistem Mangrove, Ekosistem Lamun dan Ekosistem Terumbu Karang serta tentang Pengelolaan Potensi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan. Selain narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, panitia juga mengundang Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Reng Paseser Kecamatan Saronggi sebagai perwakilan untuk mengajak para generasi muda untuk lebih peduli dengan lingkungan dan ekosistem laut. Peserta tampak antusias dan tertarik dengan materi yang disampaikan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber pada saat sesi tanya jawab.

Selain pemberian materi dari berbagai narasumber, kegiatan sekolah pantai ini juga melakukan penanaman Mangrove jenis Bakau (Rhyzophora mucronata). Jenis Mangrove yang dipilih yaitu jenis bakau karena di sesuaikan dengan substrat pantai dan berbagai fungsi dan manfaat yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here