Aksi Jemput Bola DKP Provinsi Jatim Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Perizinan Perikanan Tangkap Di Kabupaten Pacitan

0
23

Perikanan Tangkap di Jawa Timur memiliki potensi yang sangat besar hal tersebut terlihat dari jumlah armada kapal perikanan tahun 2021 sebanyak 10.224 unit dengan capaian hasil produksi sebesar 390.269,2 ton yang dimana nilai produksinya mencapai 6 triliun lebih (sumber : data statistik perikanan tangkap laut non Pelabuhan DKP Jatim Tahun 2021).

Dengan potensi perikanan yang cukup besar maka banyak tantangan yang harus dihadapi salah satunya adalah masih belum meratanya pemahaman tentang pentingnya kelengkapan dokumen perizinan perikanan tangkap, sedangkan dalam melakukan usaha penangkapan ikan di wilayah perairan Indonesia, pemilik kapal wajib memiliki kelengkapan dokumen kapal perikanan tangkap dimana hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah  No. 5  Tahun 2021 yang di tuangkan dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan  Nomor 10 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk Pada penyelenggaraan Perizinan Berusaha  Berbasis Resiko  Sektor Kelautan dan Perikanan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menjawab tantangan tersebut dengan melakukan aksi jemput bola melalui kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Pengurusan Dokumen Izin Perikanan Tangkap dengan langsung terjun ke sentra-sentra perikanan tangkap di daerah, dimana salah satunya adalah di Kabupaten Pacitan.

Sosialisasi Pelayanan Perizinan Perikanan Tangkap Di Kabupaten Pacitan
Sosialisasi Pelayanan Perizinan Perikanan Tangkap Di Kabupaten Pacitan

Sosialisasi dan Fasilitasi Pengurusan Dokumen Izin Perikanan Tangkap di Kabupaten Pacitan dilaksanakan selama 2 hari bertempat di bertempat di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, dengan menyasar pemilik kapal yang masih belum memahami dan belum mempunyai kelengkapan dokumen perizinan kapal perikanan.

Kegiatan diawali dengan Sosialisasi yang kemudian dilanjutkan dengan Fasilitasi Pengurusan Dokumen Kapal Perikanan, dan sebagai bentuk harmonisasi dan integrasi antar stakeholder perikanan yang saling mendukung, maka turut hadir pula Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan Bapak Dr. Drs. Supomo, MM, Kepala UPT PPP Tamperan Bapak Budi Setyono, S.Pi. M.Agr serta tim teknis dari DKP Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyadaran tentang pentingya kelengkapan dokumen kapal perikanan serta memfasilitasi para pemilik kapal perikanan mendapatkan kemudahan pengurusan dokumen kapal. Dari kegiatan tersebut telah berhasil diterbitkan ditempat sebanyak 44 dokumen Nomor Induk Berusaha (NIB) OSS berbasis resiko (RBA) serta 56 dokumen permohonan penerbitan Pas Kecil, dimana dokumen tersebut adalah syarat utama untuk dapat dikeluarkanya Tanda Daftar Kapal Perikanan (TDKP) untuk kapal di bawah ukuran < 5 Gross Ton (GT).

Kegiatan aksi jemput bola dokumen kapal perikanan akan terus di laksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur  sebagai bentuk meningkatkan pelayanan perizinan kepada pelaku usaha di Jawa Timur, sekaligus mewujudkan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang bertanggung jawab, sehingga dapat mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi lainnya yang pada akhirnya mampu memperluas kesempatan kerja untuk masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here