Koordinasi Usaha Perizinan Tangkap Dengan Dinas Perikanan Kab. Probolinggo

0
47

Probolinggo, Senin 6 Juni 2022 – Seksi Verifikasi perizinan Cabang Dinas kelautan dan Perikanan melakukan koordinasi terkait Perizinan Kapal Perikanan Tangkap dengan Stakeholder setempat Kabupaten Situbondo (Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo) yang diterima oleh Bapak Hari Pur Sukistiyono, A.Pi, MT. selaku Kepala Bidang Perikanan Budidaya. Koordinasi ini dilakukan untuk membahas beberapa hal, diantaranya adalah mengenai masalah terbitnya surat perizinan, tugas dan fungsi kabupaten dan perbedaannya dengan provinsi, perihal fasilitasi izin dan permasalahan izin rekomendasi nelayan untuk mendapatkan subsidi BBM.

Dalam pembahasan Kepala Bidang Perikanan Budidaya Bapak Hari Nur Sulistiyono,A.Pi,MT. Menuturkan adanya beberapa kasus perizinan tentang kesalahan terbitnya perizinan yang perlu menjadi perhatian supaya kedepan tidak terjadi kesalahan.

Wewenang mengenai fasilitasi permohonan perizinan secara online dalam aplikasi, sekarang diarahkan kepada pemohon sendiri untuk lebih mandiri karena berlaku system self service, dengan dampingan fasilitator dari pihak kabupaten yang selalu ada untuk segala pertanyaan dan solusi bagi pelaku usaha. Mengenai tugas kabupaten untuk fasilitasi perlu diarahkan supaya fasilitator lapangan/penyuluh lapangan supaya lebih proaktif, karena terjadinya beberapa masalah dalam lapangan seringkali karena ketidakpahaman nelayan atau kelompok.

Salah Satu Staf Seksi Perizinan Cek Izin di OSS RBA Melalui Seluler
Salah Satu Staf Seksi Perizinan Cek Izin di OSS RBA Melalui Seluler

Terjadinya perubahan tugas dan fungsi antara kabupaten, provinsi dan pusat, membuat pelaksanaan tugas dan fungsi di lapangan sering terhambat, baik itu karena masalah perubahan alokasi wewenang dan anggaran, serta pelaporan dan rekapitulasi data perizinan yang mengalami perubahan mandat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here