Monitoring Dan Evaluasi Vegetasi Pantai Di Kabupaten Lumajang

0
136

Tanggal 20 Juni 2022 Seksi Konservasi Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Situbondo melakukan monitoring dan evaluasi vegetasi pantai di Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan bersama kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) Bades dengan diwakili oleh ketua kelompok Bapak Irawan, sekretaris Bapak Harianto, dan bendahara Bapak Jarno. Pokmaswas Bades salah satu kelompok pokmaswas yang berkonsentrasi pada konservasi terutama di Desa Bades.

Upaya pengawasan dan pelestarian sumberdaya yang dilakukan oleh Pokmaswas Bades, diantaranya adalah:

  1. Penanaman pohon cemara laut kurang lebih 150 bibit di area pantai pada tahun 2015
  2. Penanaman cemara udang sebanyak ±60.000 batang yang berasal dari hibah Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang pada tahun 2016

Cemara laut merupakan vegetasi pantai yang cocok tumbuh di kawasan pesisir Desa Bades dibandingkan mangrove. Hal tersebut diduga karena kondisi substrat kawasan pesisir Desa Bades yang bertekstur pasir dan sedikit berlumpur. Disamping itu juga kawasan penanaman yang tidak dipengaruhi oleh pasang surut dapat menghambat perkembangan hidup mangrove.

Monev vegetasi Pantai
Monev vegetasi Pantai

Hasil dari penanaman yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya memberikan manfaat positif untuk warga sekitar. Perkembangan dan pertumbuhan cemara laut juga sangat baik dengan rata-rata tinggi 11 meter dengan tingkat keberhasilan sebesar 90%. Akan tetapi beberapa pohon yang sudah tumbuh besar mengalami kekeringan dan mati (tidak tumbuh), kelompok masih kebingungan faktor apa yang menyebabkan kematian pada tanaman cemara lautnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here