Kampanye GEMARIKAN Berbalut Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci penuh rahmat dan ampunan. Di bulan inilah kesempatan untuk berbagi apa yang kita punya kepada sesama yang lebih membutuhkan telah dibuka lebar. Masih banyak saudara kita yang hidup serba kekurangan sehingga membutuhkan bantuan seperti contoh kaum dhuafa, fakir dan miskin, yatim piatu dan orang yang memiliki banyak hutang. Dengan memberi dan menyisihkan sedikit apa yang kita punya kepada mereka maka kita dapat memberi sedikit kebahagiaan dan senyuman kepada mereka yang kekurangan.

Kesempatan kali ini dimanfaatkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan kegiatan kampanye GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang berbalut dengan rasa indahnya berbagi terhadap para santri dan santriwati di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan di Kota Kediri yang dipimping Gus Cholik.  Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan ini merupakan sebuah panti asuhan yang menampung beberapa yatim piatu dan sekaligus merupakan pondok pesantren tempat untuk menimba ilmu keagamaan. Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan ini berdiri di Tengah Kota Kediri akan tetapi memiliki sarana dan prasarana yang serba kekurangan. Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan tidak memiliki donatur tetap akan tetapi masih mampu bertahan dalam mengasuh dan mendidik para santri dan santriwati yang mencapai 100 orang hingga saat ini.

Dalam Kegiatan Kampanye GEMARIKAN kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada santri dan santriwati tentang arti pentingnya mengkonsumsi ikan sejak dini. Mengkonsumsi ikan sejak dini dapat meningkatkan kesehatan dan gizi mereka serta kandungan Omega-3 nya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak sehingga dapat mencerdaskan mereka. Oleh karena itu penting bagi para santri dan santriwati di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsanuntuk mengerti bahwa dengan mengkonsumsi ikan sejak dini maka mereka mendukung tujuan bangsa ini yaitu  mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi generasi penerus bangsa.

Pada kenyataannya, para santri dan santriwati di Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan tidak menyukai lauk ayam karena hampir seluruhnya memiliki alergi dengan ayam. Mereka lebih menyukai mengkonsumsi ikan untuk kebutuhan konsumsi setiap harinya. Kegiatan Kampanye GEMARIKAN kali ini disambut dengan respon positif oleh para santri dan santriwati Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan. Seluruh peserta didik Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan yang berjumlah 100 orang dengan senang menghadiri acara GEMARIKAN ini dan berkumpul di Mushola. Dalam acara ini Dinas Perikanan dan Kelautan Profvinsi Jatim yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Kediri selain berbagi cenderamata kepada santri dan santriwati, juga mengadakan kegiatan buka bersama dengan menu serba ikan. Dengan segara respon positif dari santri dan santriwati Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan maka diharapkan kegiatan GEMARIKAN ini dapat memberikan manfaat yang berguna bagi Seluruh penghuni Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Machba’ul Ikhsan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here