Ingin Cerdas, Makan 5 Jenis Ikan Kaya Protein Ini

0
448

Indonesia terkenal dengan hasil lautnya yang kaya berupa ikan, kerang, udang, dan lainnya. Semuanya dapat diperoleh dengan harga yang murah. Manfaat dari mengonsumsi hasil laut tersebut adalah dapat menambah kecerdasan anak, dan juga orang dewasa. Ini karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang membantu perkembangan otak jadi lebih baik.

Berikut 5 contoh jenis ikan yang bermanfaat bagi kecerdasan, seperti dilansir oleh laman Detik:

1. Bandeng
Rasa ikan bandeng sangat lezat, walau memiliki cukup banyak duri halus di sekujur tubuhnya. Namun dengan pengolahan yang tepat, bandeng bisa dinikmati oleh seluruh keluarga bahkan anak-anak. Kandungan nutrisinya adalah 20 gr protein, 123 kkalori, serta sangat sedikit lemak per 100 gram.

2. Cakalang
Ikan yang banyak ditemukan di Indonesia bagian timur ini rasanya lezat dan tidak terlalu banyak duri atau tulangnya. Biasanya ikan cakalang diolah dengan dijadikan ikan asap atau abon. Proteinnya 19,6 gr, dengan karbohidrat sebanyak 5,5 gr dan 107 kalori pada 100 gramnya.

3. Ekor kuning
Ikan sejenis cakalang ini pun sangat banyak ditemukan di pasaran. Kandungan nutrisinya tak kalah hebat dengan ikan laut lainnya, selain rasanya yang lezat. Biasanya ikan ini diolah dengan dipanggang, atau dijadikan ikan asap.

4. Kembung
Walau bentuknya tak sebesar cakalang atau ekor kuning, namun ikan kembung memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Biasanya diolah dengan dibakar atau digoreng.

5. Patin
Ikan patin memiliki rasa yang juga lezat, walau bagi sebagian orang mengolahnya cukup repot. Ikan ini akan sangat lezat dibumbui dengan bumbu kuning atau pedas. Ada 2 jenis asam lemak pada patin, yaitu DHA dan EPA yang baik bagi kecerdasan otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here