Kini Mengurus Sertifikat Kelayakan Pengolahan Lebih Mudah Dengan e-SKP

Semakin maraknya penggunaan Aplikasi Online mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perikanan dan Kelautan untuk membuat aplikasi online yang dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat Umum. Sebagaimana diketahui Provinsi Jawa TImur merupakan barometer dalam perkembangan pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan di Indonesia, sehingga inovasi pelayanan publik secara online ini merupakan terobosan guna meningkatkan daya saing produk perikanan dan kelautan di Jawa Timur.

Dengan adanya Inovasi online ini diharapkan Sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan di Jawa TImur dari hulu ke hilir dapat ditingkatkan mengingat provinsi jawa timur selalu menjadi andalan pemerintah pusat (KKP) untuk kepentingan inspeksi dari Uni Eropa, US-FDA, China, Korea dan negara Mitra Lainnya. Hal ini dapat menjadi contoh provinsi lain untuk meningkatkan pelayanan perizinan SKP melalui online.

Salah satu wujud keberhasilan penerapan Sistem jaminan mutu dan keamanan dengan diberikan penghargaan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam hal penghargaan penerapan sistem Mutu HACCP terbaik nasional. Unit pengolahan ikan yang memperoleh penghargaan antara lain PT. Aneka Tuna Indonesia, PT. Bumi Menara Internusa, PT. Alter Trade Indonesia dan Lain-lain.

Penerapan Sistem Jaminan Mutu tidak terlepas dari perkembangan Inovasi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan di Jawa Timur yang terus meningkat. Provinsi Jawa Timur merupakan pelopor dalam pengembangan produk kelautan dan perikanan, terbukti dengan telah banyak tumbuh dan berkembang ragam produk olahan di jawa timur baik produk untuk konsumsi maupun produk non konsumsi seperti chitin, chitosan, minyak Ikan, Caragenan, Albumin dan berbagai produk kerajinan dan kulit kerang.

Oleh karena itu untuk lebih mensosialisasikan e-SKP ini ke Unit Pengolahan Ikan maka Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan Sosialisasi Aplikasi e-SKP bagi Unit Pengolah Ikan pada tanggal 3-4 Mei 2016 di Hotel Ibis Surabaya dengan jumlah peserta berjumlah 100 orang. (p2hp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here