Infeksi Salmonela dan Pencegahannya

Salmonella termasuk dalam family Enterobacteriacea merupakan bakteri patogen bagi manusia dan hewan. Salmonella adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi gastrointestinal atau lebih dikenal sebagai salmonellosis. Infeksi Salmonella terjadi pada saluran cerna dan menyebar lewat peredaran darah ke seluruh organ tubuh.

Bakteri Salmonella sangat menjadi perhatian khusus dalam pengawasan mutu pangan terutama di Unit Pengolahan Ikan. Bakteri salmonella banyak ditemukan pada sapi, domba, babi dan ayam. Namun pembawa utama mikroorganisme kelompok Salmonella ini adalah manusia. Organisme-organisme kelompok ini dikeluarkan ke alam melalui kotoran (faeces). Rantai penularannya adalah : manusia-bahan pangan(air)-manusia. Bakteri ini sangat berbahaya, yaitu hanya dengan sejumlah kurang dari 100 coloni dapat menginfeksi manusia. Oleh karena dosis infeksinya cukup rendah, maka bahan pangan terutama produk perikanan harus 0 Coloni.

Gejala infeksi  Bakteri Salmonella  dengan masa inkubasi 12-36 Jam dengan gejala sebagai berikut :

  1. Panas badan semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari;
  2. Terjadi selama 7-10 hari, kemudian panasnya menjadi konstan dan kontinyu;
  3. Diare (diarrhea), sakit kepala, muntah-muntah, pusing bagian bawah, demam dan kadang-kadang didahului sakit kepala dan menggigil;
  4. Hilangnya nafsu makan;
  5. Bentuk klasik demam tiphoid selama 4 minggu. Masa inkubasi 7-14 hari.

Produk perikanan merupakan produk yang rentan tercemar bakteri Salmonella  maka untuk mencegah kontaminasi pada produk perikanan antara lain:

  1. Produk Perikanan mentah harus disimpan di freezer;
  2. Menjaga kebersihan peralatan makan;
  3. Selalu mencuci tangan, semua mangkok dan peralatan masak serta peralatan makan yang mengalami kontak permukaan setelah memroses atau menangani produk perikanan mentah;
  4. Waktu penyimpanan produk perikanan dalam suhu ruang selama dikonsumsi harus dibatasi yaitu jangan lebih dari 2 jam.

Setelah kontak dengan kotoran (feces) hewan, tangan harus dicuci dengan air hangat dan sabun. (ppmhpbwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here